IMPROVEMENT OF CLASS VIII B STUDENTS IN SMP IT PELITA PROBOLINGGO THROUGH THE USE OF CHART

Lativa Qurrotaini

Abstract


Charts are studies that have been successful and are widely used in educational research. This learning is a learning effort that trains them to construct their own material into a chart. The chart contains material that links one sub-material to another with the help of labels as a link so that it becomes a meaningful proposition. The formulation of the problem in this study is how learning through the use of charts can improve social studies learning outcomes for class VIII SMP IT Pelita Probolinggo.

Chart merupakan pembelajaran yang telah berhasil dan banyak digunakan dalam penelitian pendidikan. Pembelajaran ini merupakan upaya pembelajaran yang melatih mereka untuk  mengkonstruk sendiri materi yang mereka peroleh menjadi sebuah bagan. Dalam bagan tersebut memuat materi yang mengkaitkan antara sub materi yang satu dan yang lain dengan bantuan label sebagai penghubung sehingga menjadi sebuah proposisi yang bermakna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran melalui penggunaan Chartdapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas VIII SMP IT Pelita  Probolinggo.

 


Keywords


chart, result of learning

Full Text:

PDF

References


Bloom, B. S. et al. (1979). Taxonomy Of Educational: Handbook 1, Cognitif Domain. New York: David McKay

Dahar, Ratna. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Dedy, Irvan. 2013. Cara Memotivasi Siswa Agar Tujuan Belajar Mereka Bukan Hanya Nilai. (online), (http.//irvanhabibali.wordpress.com./2013/08/04/cara- memotivasi-siswa-agar-tujuan-belajar-mereka-bukan-hanya-nilai), diakses10 Agustus 2013

Gibson, D. J. 1996. Textbook Misconceptions. The Climax Concept Of Succession. Journal The American Buluy Teacher. Vol 58 (3), 135-140

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kansil, Yoo Eka Yana. 2001. Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fungsi di Kelas III SMUK Kalam Kudus Malang.Tesis. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Lanura. 2013. Media pembelajaran. (Online), (http://analanura.wordpress.com./2013/02/26/) diakses 14 Desember 2013

Lullu, Marten Tandi. 2003. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SLTP Laboratorium UM Untuk Konsep System Indera Melalui Pembuatan Peta Konsep. Tesis. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Muliasa, I Nyoman. 2003. Pembelajaran Menggunakan Peta Konsep Untuk Memahami Konsep Fungsi Kuadrat dan Grafiknya Pada Siswa Kelas III SLTPN 3 Palu. Tesis. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Novak, J.D. & Gowin, D. B. 1984. Learning How To Learn. New York: Gambridge University Pers

Nur, M. 2000. Buku Panduan Keterampilan Proses dan Hakikat Sains. Surabaya: UNESA-University Pers

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo

Silabus SMP 12 Malang. Malang: SMP 12 Malang

Slavin, E. Robert. 2005. Cooperative Learning: teori, riset, dan praktik. terjemahan Nurulita. 2008. Bandung: Nusa media

Soebronto. 2009. Belajar dengan Chart. (Online), (http://soebrontowali.wordpress.com./2009/07/07/) diakses 14 Desember 2013

Subiyanto. 1988. Pembelajaran Secara Konstrutivisme: Pusat Perkembangan Kurikulum

Sudjana, S. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sumantri. 1988. Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Proyek LPTK

Suparno, P. 1997.Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kansius

Syah. 2006. faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. (online), (http.//alamsyah.wordpress.com./2006/08/04/ diakses 01 Nopember 2013

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Bahan Pelatihan Dosen LPTK dan Guru Sekolah Menengah, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dikti Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah

Warsino. 2013. Penerapan model investigasi kelompok dengan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi. Tesis. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Yanti, Selfi. 2009. Implementasi strategi peta konsep dalam usaha membangun pemahaman konsep fungsi komposisi siswa kelas XI-IS SMAK st. Albertus Malang Tahun Ajaran 2008/2009. Tesis. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments
 |  Add comment

Copyright (c) 2020 Journal Learning Geography

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING JOURNAL:


google-scholar-png | INSPIRASI        Neliti - Tech in Asia       Indexing and Abstracting | Indonesian Journal of Community Dedication     Mengenal Crossref (Cross Reference)