EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TRAPI UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan peserta didik untuk menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan. Keterampilan ini perlu dilatih melalui proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran yang melatih keterampilan berpikir kritis.Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan model pembelajaran TRAPI yang dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan Non equivalen control group pretest-posttest. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TRAPI, sedangkan kelas kontrol dengan model pembelajaran Direct Instruksnional (DI). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Hasilnya menunjukkan Rata-rataN-gain kelas eksperimenlebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol,yaitu sebesar0,72 untuk kelas eksperimen dan 0,57 untuk kelas kontrol. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran TRAPI efektif untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis pada materi pokok pemanasan global.
Kata kunci: Efektivitas, model pembelajaran TRAPI, berpikir kritis, pemanasan global
Full Text:
PDFReferences
Ching, H. S., & Fong, S. F. 2013. Effects of multimedia-based graphic novel presentation on critical thinking among students of different learning approaches. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 12(4).
Dimyati dan Mudjiono, 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. 2006. Critical thinking framework for any discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 160-166.
Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Score. Woodland Hills:Dept. Of Physics,Indiana University.[Online]:http://www.physics.indiana.dusdi/Analyzing Chang Gain.pdf.(Diakses 23 September 2015) Hosnan M, 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran abad 21. Bogor. Galia Indonesia.
Indrawati, 2011. Model-Model Pembelajaran Implementasinya Dalam Pembelajaran Fisika. Jember. Universitas Jember.
Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E. 2011. Models of Teaching. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 sekolah menengah atas/madrasah aliyah. Jakarta, Depdikbud.
Prawiradilaga, D., 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.
Sagala, S, 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.
Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Shepardson, D. P., Niyogi, D., Choi, S., & Charusombat, U. 2011. Students Conceptions About The Greenhouse Effect, Global Warming, And Climate Change. Climatic Change, 104(3-4), 481-507.
Suyanto dan Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Jakarta. Erlangga.
Snyder, L. G., & Snyder, M. J. 2008. Teaching critical thinking and problem solving skills. The Journal of Research in Business Education, 50(2), 90.
Yazdanparast, T., Salehpour, S., Masjedi, M. R., Seyedmehdi, S. M., Boyes, E., Stanisstreet, M., & Attarchi, M. 2013. Global warming: knowledge and views of Iranian students. Acta Medica Iranica, 51(3), 178-184.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.