TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SMKN 1 TALANGPADANG DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR

Fenty Tryana Sari, Sumarti Sumarti, Nurlaksana Eko Rusminto

Sari


Abstract

This research purposes to describe the structure and uses the language rules of report text of observation result of tenth grade students at SMK Negeri 1 Talangpadang and it used as teaching material in SMK. The method used descriptive qualitative. The results showed that the structure text of observation report of tenth grade students of SMK Negeri 1 Talangpadang, such as general description, description per section, and description of benefits. The linguistic rules showed that used nouns, adjectives, verbs material, blur words in the name of the writing, copula, words that stated grouping, and not using technical words. The structure and the linguistic rules used as teaching material of tenth grade at Basic Competence 3.2 Analyzing content and linguistic aspects of minimum two report texts of observation Curriculum 2013, 2017 revised edition.

 

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur dan penggunaan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Talangpadang dan pemanfaatannya sebagai materi ajar di SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Talangpadang meliputi deskripsi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat. Adapun kaidah kebahasaannya menunjukkan banyak menggunakan nomina, adjektiva, verba material, melesapkan kata yang mengatasnamakan penulis, kopula, kata yang menyatakan pengelompokan, dan tidak menggunakan kata-kata teknis. Struktur dan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi ini dimanfaatkan sebagai materi ajar pembelajaran bahasa Indonesia kelas X Kompetensi Dasar 3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

 

 

Keywords: observation report text, linguistic rules, teaching material


Referensi


Anlisia, Y. (2017). Peningkatan pembelajaran menulis teks laporan

hasil observasi melalui model problem based learning pada siswa

kelas VII SMPN 13 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Tesis. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Dini, M. (2015). Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi

siswa kelas VII SMPN 13 Bandarlampung tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Ibrahim, R. & Nana, S. (2012). Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2107. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, E. (2017). Jenis-jenis teks dalam pembelajaran bahasa indonesia: Analisis fungsi, struktur, dan kaidah serta langkah-langkah penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. (2014). Teks dalam pembelajaran bahasa indonesia kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pres.

Margono, S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prastowo, A. (2014). Panduan praktis membuat bahan ajar inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triana, A. E. (2017). Pembelajaran memahami teks laporan hasil

observasi siswa kelas X IPS 2 SMAN 1 Kalirejo tahun ajaran

/2017. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter