Pengawasan dan Evaluasi Program Bahasa Di Mayantara School Malang

Alde Mulia Putra, Hesti Rokhaniyah, Masruhan Masruhan, Danial Hilmi

Sari


The program that has been planned will run well in accordance with the objectives if during program implementation there is monitoring and evaluation. So far, many programs have not run well because the person in charge involved is less than optimal in implementing them, this is triggered by a lack of supervision and evaluation from the manager which leads to misappropriation/manipulation. Mayantara School is one of the non-formal institutions engaged in the language which in general has been fairly advanced because the applied programs have been implemented well, one of the programs at Mayantara School is the Foreign Language course. The purpose of the research is to identify supervision and evaluation at the Mayantara School. The method used is qualitative with the type of field research, to identify the Supervision and Evaluation of language programs at the Mayantara School. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. And the data were analysed using Miles and Huberman’s theory with data reducing steps, data display, and conclusion. From the research, it concluded that the supervision and evaluation of the language program at the Mayantara School course institution have been fully implemented, the language program was designed and written in the activity structure, a supervisory team within the institution was formed to directly monitor the course of activities, after that an evaluation consisting of three stages was carried out.

 

Program yang telah direncanakan akan berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan apabila pada saat pelaksanaan program terdapat monitoring dan evaluasi. Selama ini banyak program yang tidak berjalan dengan baik karena penanggung jawab yang terlibat kurang optimal dalam melaksanakannya, hal ini dipicu oleh kurangnya pengawasan dan evaluasi dari pengelola sehingga berujung pada penyelewengan/manipulasi. Sekolah Mayantara merupakan salah satu lembaga nonformal yang bergerak di bidang bahasa yang secara umum sudah terbilang maju karena program-program yang diterapkan telah dilaksanakan dengan baik, salah satu program yang ada di Sekolah Mayantara adalah kursus Bahasa Asing. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui supervisi dan evaluasi di Sekolah Mayantara. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, untuk mengidentifikasi Supervisi dan Evaluasi program bahasa di Sekolah Mayantara. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan data dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian disimpulkan bahwa supervisi dan evaluasi program bahasa pada lembaga kursus Sekolah Mayantara telah dilaksanakan secara penuh, program bahasa dirancang dan dituangkan dalam struktur kegiatan, dibentuk tim pengawas di dalam lembaga yang memantau langsung jalannya program. jalannya kegiatan, setelah itu dilakukan evaluasi yang terdiri dari tiga tahap.

 

Keywords: Monitoring, Evaluation, Language program


Kata Kunci


Monitoring, Evaluation, Language program

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. (2009). Evaluasi Program Pendidikan:Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.

Bako, F. M., Masrurah, F., Tuli, F., & Arifah, D. (2018). Pengawasan Dan Evaluasi Program Bahasa Arab Di Pondok Pesantren. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i1.72

Departemen Agama RI. (2000). Administrasi Pendidikan. Depag RI.

Fattah. (2011). Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Handoko, H. (2014). Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia (2nd ed.). BPPE.

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Muzayanah. (2011). Evaluasi Program Pendidikan. Prodi Teknologi Pendidikan UNJ.

Napisah. (2010). Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran di SMP 1 Negeri Benteng Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. https://repository.uin-suska.ac.id/408/

Pratiwi, P. (2022, April 1). Hasil Wawancara Kepala Lembaga [Personal communication].

Profil Lembaga – Mayantara School. (n.d.). Retrieved February 1, 2023, from https://mayantara.sch.id/lembaga/profil-lembaga

Santosa, T. A., & S, E. M. (2020). Analisis Masalah Pendidikan Biologi Pada Sekolah Menengah Pertama di Era Pandemi Covid -19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1278

Staf Administrasi. (2022, April 1). Hasil Wawancara [Personal communication].

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D (2nd ed.). Afabeta.

Sulistyorini. (2009). Evaluasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Teras.

Syarif, R. (1991). Teknik Manajemen latihan dan pembinaan (Cet. 2). Bandung Angkasa.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi program pembelajaran: Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik (Cet. 9). Pustaka pelajar. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=11549

Zulkifli, Z. (2019). Pengaruh Pengawasan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah Provinsi Maluku Utara. Jurnal Manajemen Sinergi, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33387/jms.v6i1.1303


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.