ANALISIS KEBUTUHAN BUKU MULTISENSORI UNTUK PEMBELAJARAN LITERASI PAUD

Pandita Ningrum, Liliana Muliastuti, Miftahulkhairah Anwar, Helvy Tiana Rosa

Sari


This research aims to analyze the need for multisensory books in the context of early childhood literacy learning. The research method involved a survey and interviews with early childhood teachers. The results analysis showed that multisensory books play an important role in motivating children to learn to read, increasing their engagement, and accelerating the learning process. Factors such as sensory diversity, children's interest in the story, and positive responses to sensory stimuli affect the effectiveness of multisensory books. Although a small proportion of teachers experienced obstacles, the majority did not face obstacles in introducing children's reading literacy with multisensory books. Children's reading literacy with multisensory books. Awareness of the importance of variety in reading books is very important in supporting the development of early childhood literacy. Thus, awareness of the need for a variety of reading books is important in supporting early childhood literacy development

 

Translated with DeepL.com (free version)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan buku multisensori dalam konteks pembelajaran literasi anak usia dini. Metode penelitian melibatkan survei dan wawancara dengan guru PAUD. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku multisensori memainkan peran penting dalam memotivasi anak-anak untuk belajar membaca, meningkatkan keterlibatan mereka, dan mempercepat proses pembelajaran. Faktor-faktor seperti keberagaman sensori, ketertarikan anak terhadap cerita, dan respons positif terhadap stimulus sensori mempengaruhi efektivitas buku multisensori. Meskipun sebagian kecil guru mengalami kendala, mayoritas tidak menghadapi kendala dalam mengenalkan literasi baca anak dengan buku multisensori. Kesadaran akan pentingnya variasi dalam buku bacaan menjadi hal yang sangat penting dalam mendukung pengembangan literasi anak usia dini. Dengan demikian, kesadaran akan kebutuhan akan beragam buku bacaan menjadi penting dalam mendukung pengembangan literasi anak usia dini.

 

Keywords: sensory stimulation, multisensory, early childhood literacy.


Kata Kunci


sensory stimulation, multisensory, early childhood literacy.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Birsh, J. R. (2011). Multisensory Teaching Of Basic Language Skills. ERIC.

Festiyed, M. (2019). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori-Ekologi (Psb Mugi) Bagi Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Hawa, A. M., & Saniro, R. K. K. (2023). Sastra Anak Dan Pendidikan Kesehatan Dalam Buku Cerita Bergambar Kamu Adalah Pahlawanku. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 11(2 Sep), 51-63.

Kılıç, A. (2021). Three Dimensional Movable Books For Children. Journal Of Awareness (Joa). Https://Www.Ceeol.Com/Search/Article-Detail?Id=965802

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research And Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI).

Mccracken, H. S., Murphy, B. A., Burkitt, J. J., Glazebrook, C. M., & Yielder, P. C. (2020, 09 Oct. 2020). Audiovisual Multisensory Processing In Young Adults With Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder. Multisensory Research, 33(6), 599-623. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1163/22134808-20191472

Novitasari, K., & Utami, N. R. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Multisensori Untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Awal Anak Usia Dini. Jurnal Cikal Cendekia, 2(2).

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Rohman, S. (2018). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151-174.

Ruhaena, L. (2015). Model Multisensori: Solusi Stimulasi Literasianak Prasekolah. Jurnal Psikologi, 42(1), 47-60.

Saripudin, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Ditinjau dari Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2021). Pengaruh Lingkungan Literasi Di Kelas Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279-287.

Suparti, N., & Susanti, M. (2016). Analisis Kebutuhan Media Audio Cerita Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 130-130.

Watkins, R., Meiers, M. W., & Visser, Y. (2012). A Guide To Assessing Needs: Essential Tools For Collecting Information, Making Decisions, And Achieving Development Results. World Bank Publications.

Wuryani, W., Prayitno, E. H., & Suryaratri, R. D. (2019). The Implementation Of Multi-Sensory Learning At Elementary Schools In Jakarta. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 100-113. Https://Doi.Org/10.21009/10.21009/Jpud.131.08


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.