Teks Laporan Hasil Observasi SMKN 1 Talangpadang dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar di SMK

Fenty Tryana Sari, Sumarti Sumarti, Nurlaksana Eko Rusminto

Sari


Abstract

This research purposes to describe the structure and uses the language rules of report text of observation result of tenth grade students at SMK Negeri 1 Talangpadang and it used as teaching material in SMK. The method used descriptive qualitative. The results showed that the structure text of observation report of tenth grade students of SMK Negeri 1 Talangpadang, such as general description, description per section, and description of benefits. The linguistic rules showed that used nouns, adjectives, verbs material, blur words in the name of the writing, copula, words that stated grouping, and not using technical words. The structure and the linguistic rules used as teaching material of tenth grade at Basic Competence 3.2 Analyzing content and linguistic aspects of minimum two report texts of observation Curriculum 2013, 2017 revised edition.

 

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur dan penggunaan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Talangpadang dan pemanfaatannya sebagai materi ajar di SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Talangpadang meliputi deskripsi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat. Adapun kaidah kebahasaannya menunjukkan banyak menggunakan nomina, adjektiva, verba material, melesapkan kata yang mengatasnamakan penulis, kopula, kata yang menyatakan pengelompokan, dan tidak menggunakan kata-kata teknis. Struktur dan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi ini dimanfaatkan sebagai materi ajar pembelajaran bahasa Indonesia kelas X Kompetensi Dasar 3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

 

Keywords: observation report text, linguistic rules, teaching material


Referensi


Anlisia, Y. (2017). Peningkatan

Pembelajaran Menulis Teks Laporan

Hasil Observasi melalui Model

Problem Based Learning pada Siswa

Kelas VII SMP Negeri 13

Bandarlampung Tahun Pelajaran

/2017. (Tesis). Bandarlampung:

Universitas Lampung.

Dini, M. (2015). Kemampuan Menulis

Teks Laporan Hasil Observasi

Siswa Kelas VII SMP Negeri 13

Bandarlampung Tahun Pelajaran

/2014. (Skripsi). Bandarlampung:

Universitas Lampung.

Ibrahim, R. & Nana, S. (2012).

Perencanaan Pengajaran. Jakarta:

Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(2017). Bahasa Indonesia Edisi

Revisi 2107. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, E. (2017). Jenis-jenis Teks dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesi:

Analisis Fungsi, Struktur, dan

Kaidah serta Langkah-langkah

Penulisannya. Bandung: Yrama

Widya.

Mahsun. (2014). Teks dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia

Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali

Pres.

Margono, S. (2010). Metode Penelitian

Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prastowo, A. (2014). Panduan Praktis

Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Jogjakarta: Diva Press.

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan

Desain Sistem Pembelajaran.

Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Triana, A. E. (2017). Pembelajaran

Memahami Teks Laporan Hasil

Observasi Siswa Kelas X IPS 2 SMA

Negeri 1 Kalirejo Tahun Ajaran

/2017. (Skripsi). Bandarlampung:

Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter