Keefektifan Bahan Ajar Pandang Dengar "Video" dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Puisi

Nia Rusada, Muhammad Fuad, Munaris Munaris

Sari


The purpose of this research to describe the process of the effectiveness of teaching material audio visual “video” on the teaching learning process in identifying poetry-building elements of the eighth graders at SMPN 1 Jabung Lampung Timur. This research used descriptive quantitative method, and the kind of this research is experimental research. There are 2 variable on this research, they are independent and dependent variable. Population which used on this research are student of eighth grade with 60 students obtained by random sampling technique. The result of this research is the results of the ability to identify the elements of poetry builders in the form of subjective text in the form of multiple choice assessment signs.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses keefektifan penggunaan bahan ajarpandang dengar “video”dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi padasiswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jabung Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Variabel dalam penelitian ada dua, yaitu variabel bebas dan variable terikat. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII dengan sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik random sampling sederhana. Hasil penelitian ini berupa skor hasil tes kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun puisi berbentuk tes subjektif berupa rambu penilaian pilihan jamak.

 

Kata kunci: Keefektifan, Bahan Ajar, puisi

Referensi


Martono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif (Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder),Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sudrajat. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Yasri, et al. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanusi, E. (2013). Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Nurgiyantoro, B. (1995). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Jusmawati, et al. (2015). Efektivitas Penerapan Model Berbasis Masalah Setting Kooeratif dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 11 Makasar. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Ainun, et al. (2018). EfektivitasMedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh.Banda Aceh: Universitas Serambi Mekkah.

Abdul. (2015). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual dalam Menyusun Teks Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tinambung. Sulawesi: UNASMAN.

Wardhana,Y. (2010). Teori belajar dan mengajar. Bandung: Pribumi Mekar.

Arum. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Meilan. (2018). Pengembangan Bahan AjarMata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Semarang: Universitas Sultan Agung.

Sistiana, et al. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konteks dan Kreativitas untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Suka Bumi: Universitas Muhammadiyah Suka Bumi.

Eko. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif dalam Model Belajar Mandiri untuk Sekolah Menengah Pertama.Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ganggang. (2014). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Internet di SMK Se-Kota Yogyakarta Kompetensi Keahlian Tehnik Komputer dan Jaringan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwaning, et al. (2017). Efektifitas Pengembangan Bahan Ajar Mikrobiologi Berbasis Inkuiry dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Malang: IKIP Budi Utomo Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter