Penggunaan Konjungsi di Majalah Teknokra Edisi November Tahun 2018

Dela Alpionita, Mulyanto Widodo, Bambang Riadi

Sari


The problems in this research were how to use conjunction in Teknokra magazine edition of November 2018 and the implication through learning Indonesian at Junior High School. The purpose of this research was to describe the use of conjunction in Teknokra magazine edition of November 2018 and the implication of learning Indonesian at Junior High School. This reaserch used qualitative approach and descriptive method. The result of the research showed that there were uses of the conjunction found: coordinative, subordinate conjucntion and between sentense, overall the use of congjutions that found could influence cohesiveness, clarity and help the reader understand the news content that contained in Teknokra magazine. The result of this reaserch can be implied in learning indonesian of the eighth graders at junior high school (SMP) in the news text.

 

Keywords:conjunction, magazine, implications

 

Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana penggunaan konjungsi di majalah Teknokra edisiNovember tahun 2018 dan implikasinya  terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan konjungsi di majalah Teknokra edisiNovember tahun 2018 dan implikasinya  terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penggunaan konjungsi yang ditemukan, yaitu penggunaan konjungsi koordinatif, subordinatif, dan antarkalimat, kesuluruhan penggunaan konjungsi yang ditemukan tersebut dapat memengaruhi kepaduan, kejelasan, dan membantu pembaca memahami isi berita yang terdapat di dalam majalah Teknokra. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah pertama (SMP) kelas VIII pada teks berita.

 

Kata kunci: konjungsi, majalah, implikasi


Referensi


Chaer, A. (2018). Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta

Endarmoko. (2017). Bedanya Ragam Bahasa Lisan dan Tulisan. http://www.gogle.co.id/amp/s/beritagar.id/artikel-amp/tabik/bedanya-ragam-bahasa-lisan-dan-tulisan.

Imam, S. (2011).Ragam Bahasa. https://imamsetiyantoro.wordpress.com/tag/ragam-tulis.

Keraf, G. (1994). Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Silabus Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.

Kridalaksana. (2000). Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mansyur. (2009). Pengertian Bahasa Secara Umum. http://www.zonareferensi.com/pengertian-bahasa.

Permata, D. (2018). Penggunaan Konjungsi Pada Makalah Mahasiswa Fakultas kedokteran Universitas lampung Tahun 2017 Dan Implikasinya Pada Pembelajaran bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Bandarlampung: Universitas LampungBandarlampung. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO (diakses pada 18-09-2019).

Rosidi, I. (2009). Menulis Siapa Takut? Panduan Bagi Penulis Pemula. Yogyakarta: Kanisius.

Sari, Z., & Soraya A.,(2014). Penggunaan Konjungtor Pada Kumpulan cerpen Milana Karya Bernard Batubara dan Pembelajarannya di SMP. Bandarlampung: Universitas Lampung.Bandarlampunghttp:jurnal.fkip.unila.ac.id/idex.php/BINDO (diaksespada 18-09-2019).

Soejono. (1983). Pengertian Bahasa Secara Umum. http://www.zonareferensi.com/pengertian-bahasa.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter