PENGEMBANGAN INSTRUMEN SUBJEKTIF DAN OBJEKTIF PEMBELAJARAN TEKS CERPEN SISWA SMA KELAS XI

Dwi Anggraini S, Iqbal Hilal, Farida Ariyani

Sari


This study aims to produce a learning evaluation instrument product that is both subjective and objective test scripts based on HOTS (Higher Order Thinking Skills). The test instrument in this study can be used to measure the level of success of students in achieving learning objectives on indicators describing life. This research uses the Research and Development method. The results of this research and development are test instruments in the form of multiple choice questions totaling 30, description questions totaling 10, and matchmaking questions totaling 10 which have been declared fit for use by material experts and linguists. The results of the validation of the material experts obtained a mean score of 4.4 and an average percentage of 88%. The results of the validation of linguists obtained an average score of 4.3% and an average percentage of 87%, so that the subjective and objective test instruments in this study were suitable for teaching and learning activities.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen evaluasi pembelajaran yaitu naskah tes baik subjektif maupun objektif berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Instrumen tes dalam penelitian ini dapat digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran pada indikator menjelaskan nilai-nilai kehidupan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah instrumen tes  berbentuk soal pilihan ganda berjumlah 30, soal uraian berjumlah 10, dan soal menjodohkan berjumlah 10 yang telah dinyatakan layak digunakan oleh ahli materi dan ahli bahasa. Hasil validasi ahli materi diperoleh rerata skor 4,4 dan rerata persentase 88%. Hasil validasi ahli bahasa diperoleh rerata skor 4,3% dan rerata persentase 87%, sehingga instrumen tes subjektif dan objektif dalam penelitian ini laik digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

 

Keywords: Development, Assessment, Short story text


Teks Lengkap:

##common.remote##

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Firdaus, M. Aziz. 2012. Metode Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa

Gafur, Abdul. 2012. Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Meriyati. 2018. Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018 (skripsi). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Nugroho, R.Arifin. 2019. HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: Grasindo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2017. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Putra, Nusa 2012. Reseacrh & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Ridwan. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.

Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, Anas 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono, 2016. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Edi. 2012. Perilaku Tokoh dalam Cerpen Indonesia (Kajian Sosio Psikosastra terhadap Cerpen Agus Noor dan Joi Ariadinata). Bandarlampung: Universitas Lampung.

Tarigan, Henry. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tayibnapis, Farida. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta.

Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan, Kurikulum, Perpustakaan, Dan Buku Teks. Jakarta: Rajawali.

Yusuf, A. Muri. 2015. Assemen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandarlampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter