Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-unsur Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jabung

Zola Nurmadya Pangestika, Mulyanto Widodo, Edi Suyanto

Sari


The purpose of this research is to describe the learning of indentifying drama elements at the eighth grade of SMP Negeri 1 Jabung. This research used descriptive qualitative method through observation, documentation and interview techniques. The data sources was the learning process identifies the elements of drama performed by the teacher. The result of the research shows that learning plans made by the teacher are accordance with the component in the 2013 curriculum. The implementation of learning also showed that it had been pointed to the use of Curriculum 2013, that is applying scientific approach.The evaluation from the teacher includes attitude competence assessment by using observation technique and knowledge competence assessment by using written test. 

Keywords: study, identify, and drama elements.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jabung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data pada penelitian ini adalah proses pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur drama yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru telah sesuai dengan komponen dalam RPP kurikulum 2013. Hasil pelaksanaan pembelajaran juga menunjukkan bahwa pembelajaran telah diarahkan pada penggunaan kurikulum 2013, yakni menerapkan pendekatan scientific. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian sikap dan penilaian kompetensi pengetahuan.

 

Kata kunci: pembelajaran, mengidentifikasi, dan unsur-unsur drama.


Referensi


Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Dewojati, Cahyaningrum. 2012. Drama Sejarah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Javakarsa Media.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurdin, Syafruddin dan Andriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistika.

Waluyo, Herman J. 2002. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya.

Maradika, Puja.2015. Pelaksanaan Pembelajaran Teks Drama Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas XI SMA Negeri Sungai Ambawang. Pontianak: Untan.

Rahimah. 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Teks Drama Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMPN 10 Pontianak. Pontianak: Untan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter