PEMANFAATAN TEKS PROSEDUR PADA MAJALAHMARKETEERS SEBAGAI BAHAN AJAR DALAM BENTUK LKPD

Okyana Giti Ananti, Farida Ariyani, Muhammad Fuad

Sari


This research was aimed to describing the structure and linguistic features of a procedure text in Marketeers business magazine of June 2018,setting up the lesson plan of teaching procedure text, and creating the teaching material in form of students’ worksheet related to procedure text for eleventh grade students of senior high school. This research was qualitative by using descriptive method in nature. The result of this research found out the structure and linguistic features of a procedure text in Marketeers business magazineof June 2018. The product results were the lesson plan and teaching materials in form of students' worksheet which were suitable with the material related to the procedure text for eleventh grade students of senior high school.

 

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur pada majalah bisnis Marketeers edisi Juni 2018, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran teks prosedur, danmerancang bahan ajar dalam bentuk LKPD teks prosedur untuk SMA kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif.Hasil penelitian inimenemukan struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur pada majalah bisnis Marketeers edisi Juni 2018.Produk yang dihasilkan ialah rencana pelakasanaan pembelajaran dan bahan ajar dalam bentuk lembar kegiatan peserta didik yang cocok untuk pembelajaran teks prosedur Kelas XI SMA.

 

Kata kunci: teks prosedur, rencana pelaksanaan pembelajaran, danlembar kegiatan peserta didik


Referensi


Alam.H.W.N. (2017).Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks dengan Menggunakan Metode Demonstrasi.Ciamis: Universitas Galuh: Jurnal Diksatrasia. Diakses dari:http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/download/176/160.

As’Adah S.N. et al. (2016).Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berdasarkan Hasil Wawancara di Kelas VIIA1 SMP Negeri 1 Singaraja.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha: e-journal PBSI. Diakses dari:http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/BINDO1/.article/download/12260/8758.

Budianti, N. (2017). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII D SMP Negeri 11 Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi: Jurnal. Diakses dari: http://repository.unja.ac.id/3311/1/ARTIKEL.pdf.

Devi, P.C. et al. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Leraning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Samarinda: Universitas Mulawarman: Jurnal. Diakses dari: https://media.neliti.com/media/publications/286071-pengembangan-bahan-ajar-menulis-teks-pro-4841fe38.pdf.

Djajasudarma, F.T. (2010). Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.

Hariati, S. (2016).Pengembangan Bahan Ajar Teks Prosedur Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP dengan Model Integratif. Malang: Universitas Islam Malang: Jurnal. Diakses dari:http://www.pbindoppsunis,a.com/wp-content/uploads/2017/09/9.-Suwanik-Hariati.pdf.

Kholifah.N. (2016).Pengembangan Buku Ajar Memahami Teks Pembelajaran Kelas X SMA/MA Berdasarkan Strategi K-W-L-A (Know-Want to Learn-Learned-Affect). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta: Jurnal PBSI. Diakses dari: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.phhp/pbsi/article/download/3221/2923.

Kosasih.(2017). Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

Mahsun.(2018). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Depok: Raja Grafindo Persada.

Pradana, P.G.A. et al. (2015). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Metode Discovery Learning di Kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Blahbatuh. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha: e-journal PBSI. Diakses dari: https://ejorunal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/download/4840/3658.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sorraya, A. (2014).Pengembangan Bahan Ajar Teks Prosedur Kompleks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas X SMK. Malang: Universitas Islam Malang: Jurnal. Diakses dari: http://www.pbindoppsunisma.com/wp-content/uploads/2014/09/2.-Artifa-Sorraya-13-28.pdf.

Susanti, Y. et al.(2019). Teks Eksplanasi Kompleks dalam Media Massa dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar.Bandarlampung:Universitas Lampung. Jurnal Kata.Diakses dari: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/17904/12767.

Wijayanti, W. et al. (2015).Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleks yang Bermuatan Kesantunan bagi Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Semarang: Universitas Negeri Semarang: Jurnal PBSI. Diakses dari: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/aricle/download/3830/3411.

Winarsih, A. D. (2015).Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Melalui Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievment Division) pada Kelas XI-IPA 3 SMAN Candipuro Lumajang. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang: Jurnal Inovasi Pembelajaran. Diakses dari: http://ejournal.umm.ac.id/2012/index.php/jinop/acricle/download/2604/3258.

Yulia.I. & Irwan.(2018). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Menggunakan Metode Probing Promipting Learning pada Siswa Kelas XI SMK Takokak. Bandung: IKIP Siliwangi Bandung: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal PBSI. Diakses dari: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/download/2950/2750


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




JURNAL KATA (BAHASA, SASTRA, DAN PEMBELAJARANNYA)
 
Flag Counter