PENGEMBANGAN BUKU SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN LINGKUNGAN
Abstract
The purposes of this research were to product the student book in science learning divinity and loving environment value contents and find out the effectiveness of product refers to the learning result of the students which in form of attitude, knowledge, and skill. The development model has 7 steps, those are: (1st) requirement analysis; (2nd) resource identification; (3rd) spesific identification of the product; (4th) developing the product; (5th) internal test; (6th) external test and (7th) production. The research has been done for the students grade VII.3 of SMPN 1 Bandar Lampung showed the product is effective as the source of learning process based on the result of assesment from knowledge, skill and attitude that have been proven that students can pass the study and commonly, the profile of the students have a good category.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku siswa dalam pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan serta mengetahui efektivitas produk yang dilihat dari hasil belajar mencakup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Model pengembangan yang digunakan terdiri dari tujuh tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan; (2) identifikasi sumber daya; (3) identifikasi spesifikasi produk; (4) pengembangan produk; (5) uji internal; (6) uji eksternal dan (7) produksi. Hasil uji coba produk yang ditujukan kepada siswa kelas VII.3 SMPN 1 Bandar Lampung menunjukkan bahwa produk efektif digunakan sebagai sumber belajar berdasarkan hasil penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap yang menyatakan bahwa siswa tuntas belajar dan secara umum profil siswa berada dalam kategori baik.
Kata kunci: buku siswa, nilai kecintaan lingkungan, nilai ketuhanan.
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya
Juwaniah, Hanni. 2013. Penerapan Nilai-nilai Religius pada Siswa dalam Pendidikan Karakter di MIN Bawu Jepara Jawa Tengah. Skripsi. (Online), (http://www.digilib.uin-suka.ac.id/837, diakses 2 september 2013)
Nahel, Bintu. 2012. Pengertian Buku Siswa. (Online), (http://www.id.shvoong.com/socialsciences/education/2251813 -pengertian-buku-siswa/, diakses 2 September 2013)
Mendikbud. 2013. Permendikbud No. 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Mendikbud. 2013. Permendikbud No. 66 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Kemendikbud
Mendikbud. 2013. Permendikbud No. 68 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud.
Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa SMP. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan). Bandar lampung: Lembaga Penelitian Unila
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Soemarwoto, Otto. 2001. Atur Diri Sendiri Paradigma Baru Pengelolaan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gadjahmada University Press
Sumintono, Bambang. 2010. Pengembangan Keterampilan Sains dan Sikap Ilmiah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pembelajaran Sains UIN Sunan Kalijaga Al-Bidayah. (Online), Vol. 2, No.1, (http://www.Eprints.utm.my/ 11660, diakses 3 september 2013)
Suyanto, Eko. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Trianto. 2012. Character Building, Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2009. Bandung: Nuansa Aulia.
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.