Pengembangan LKPD Berorientasi Scientific Literacy untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Optik

Abi Aziz Wahyu Zakaria, Abdurrahman Abdurrahman, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


This research aimed at creating Learners Working Sheets being interesting, easy, useful, and effective in arising learners skill of thinking creatively. Samples were the students of class XI IPA 1 and XI IPA 2 of SMA N 1 Bandar Sribhawono. Design in the research was specifically with type of Pretest-Posttest Control Group Design. The data collected were tested by N-gain analysis, normality test, homogenity test, and Independent Sample T-test. Result of score testing using Independent Sample T-test for value Sig. (2-Tailed) less than 0.05 was 0.000; This means that students using learners working sheets scientific literacy have better creative thinking skills than students using conventional learners working sheets. Learners Working Sheets have an easy category with score 3.20, interesting with score 2.55, useful with score 3.10 and effective in arising learners skill of thinking creatively.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang menarik, mudah, bermanfaat dan efektif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA N 1 Bandar Sribhawono. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan Independent Sample T-test. Hasil uji nilai Independent Sample T-test nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05, yaitu 0,000. Hal ini berarti siswa yang menggunakan LKPD scientific literacy memiliki keterampilan berpikir kreatif lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan LKPD konvensional. LKPD ini memiliki kategori mudah dengan skor 3,20, menarik dengan skor 2,55, bermanfaat dengan skor 3,10 dan efektif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif.

Kata kunci: Berpikir Kreatif, LKPD, Scientific Literacy


Full Text:

PDF

References


Arnyana, Ida Bagus Putu. 2006. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. Vol. 3.No. 6

Asyhari, Ardian., & Hartati, Risa. 2015. Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. Vol. 04.No. 2.

Damayanti, Anita. 2017. Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran ExCluSiVE untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 5.No. 4.

Dewi, B. Munita. 2016. Pengembangan LKPD Pencemaran Air Berpendekatan Authentic Inquiry Learning untuk Meningkatkan Keingintahuan dan Pemecahan Masalah SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Vol. 5.No. 3.

Fauziah, Y. Nurul. 2011. Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. UPI: Program Studi Pendidikan Dasar. Vol. -. No. 2.

Meltzer, David E. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics. Vol. 70.No. 12.

Najib, I. Ainun. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 5.No. 1.

PISA. 2000. Measuring Student Knowledge and Skills. [on line] Tersedia: http://www.oecd.org/education/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/33692793.pdf. Diakses pada 17 Oktober 2016, 12:15 WIB.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Y. P., Susanto, H., & Linuwih, S. 2012. Keefektifan Penggunaan Strategi Predict, Observe, and Explain untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Unnes Physics Education Journal. Vol. 1.No. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.