PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI HUKUM NEWTON

Yuliana Y, Chandra Ertikanto, Undang Rosidin

Abstract


This research aimed to produce an LKS based on inquiry with process skills approach on Newton's laws mater an attractive, easy, useful, and effective to improve student learning outcomes. This type of research is research & development. The research was conducted in SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Research design was experimental pretest-posttest control group. Research sample were class X4 and X5 with random sampling technique. The instrument used to Collect the data were questionnaires, pretest-posttest, and observation reports of students in aspects of process skills. The results showed that the LKS belongs to valid category, interesting, easy, useful, and improved student learning outcomes. It was concluded that the use of teaching materials LKS learning based on inkuiry with process skills approach is enough effective with the value of the average skills process of the students that has good category.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk LKS berbasis inkuiri dengan pendekatan keterampilan proses pada materi hukum Newton yang menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Desain penelitian eksperimen pretest-posttest control group design. Sampel penelitian kelas X4 dan X5 dengan teknik pengambilan sampel secara random. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket, pretest-posttest, dan observasi laporan siswa dalam aspek keterampilan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS termasuk kategori valid, menarik, mudah, bermanfaat, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan bahan ajar LKS berbasis inkuiri dengan pendekatan keterampilan proses sudah cukup efektif dengan perolehan nilai rata-rata keterampilan proses siswa kategori baik.

Kata kunci: LKS, inkuiri, keterampilan proses.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, D.S., Ngazizah,N., Setyadi, K. E. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan InkuiriTerbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Ber- pikir Kritis Peserta Didik pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013 Radiasi Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.

Djamarah, Z. 2006. Strategi BelajarMengajar. Jakarta:Rine Cipta.

Hake, R.R. 1998. Interactive Engagement vs Traditional Me-thods: A Six Thousand Student Survey of Me-chanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physic, 66(1),64-74.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kaltakci, D., & Oktay, O. 2011. A Guided-Inquiry Laboratory Experiment to Reveal Students Comprehension of Friction Concept: A Qualitative study. Balkan Phys. Let- ters, 19(1), 180-190.

Karsli, F., & Sahin, C. 2009. Developing worksheet based on science process skills: Factors affecting solubility. In AsiaPacific Forum on Science Learning and Teaching.

Hongkong Institute of Education.10 Lo Ping Road, Tai Po, New Territories, Hong Kong,10(1), 4-16.

Kemendiknas. 2006. Peraturan mentri Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Lampiran 3 Standar Kompetensi danKompetensi DasarTingkatSMA/MA/SMALB dan SMK/MAK, Jakarta: Mendiknas Republik Indonesia.

Kurniawan, A. D. 2013. Metode Inkuiri Terbimbing dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 2(1), 8-11.

Kurniawati, D., Masykuri, M., & Saputro, S. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Prestasi Belajar pada Materi Pokok Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIA 4 SMAN 1 Karanganyar Tahun Pela jaran 2014/ 2015 Jurnal Penddikan Kimia, 5(1), 88-95.

Novitasari, Suyatna, A., & Dewa, P.N.I. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Mengoptimalkan Praktikum Virtual Laboratorium Materi Induksi Elektromagnetik. Jurnal Pembelajaran Fisika 1(3) , 255-265.

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. 2011. Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 106-110.

Rahayu, P., Sriyono, & Ngazi- zah, Nur. 2013. Pengembangan Work sheet dengan Pendekatan Gui- ded Inquiry pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor untuk Mengoptimal- kan Domain proses Sains Siswa kelas X SMAN 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi Pendi- dikan Fisika Universitas Muhama- diyah Purworejo, 3(1),78-82.

Sanjaya,Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kenca- na Prenada Media Group.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian pendidikan pendekatan Kuanti- tatif, Kualitatif dan R &D.Bandung: Cv. Alfabeta.

Susetyo, Budi. 2015. Prosedur Penyusunan & Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kogni- tif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Tawil, H & Liliasari. 2014. Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif Konsep, Landasan, dan Implemtasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yuliani, H., Sunarno, widha & Suparmi.2012. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Ketrampilan Proses denganMetode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis Jurnal inkuiri,1(3).207-216


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.