PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA PENERAPAN PEMBELAJARAN REMEDIAL TUTOR SEBAYA DENGAN PENUGASAN
Abstract
This study aims to determine (1) the influence of applying remedial teaching by a peer tutors to the learning outcome of physics students, (2) influence of applying remedial teaching with the assignments to the learning outcome of physics students and (3) differences in learning outcome of students' physics as applied to remedial teaching by peer tutors with the assignments. This research was carried out using experimental research method with the static group pretest-posttest design. The result showed that there was an influence of remedial teaching by a peer tutor for learning outcome physics student, there was an effect of remedial teaching with the assignments to the learning outcome of physics students and there was a difference in learning outcome of students' physics as applied to remedial teaching by peer tutors on assignments.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran remedial oleh tutor sebaya terhadap hasil belajar fisika siswa, (2) pengaruh penerapan pembelajaran remedial dengan penugasan terhadap hasil belajar fisika siswa dan (3) perbedaan hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan pembelajaran remedial oleh tutor sebaya dengan penugasan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain the static group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran remedial oleh tutor sebaya terhadap hasil belajar fisika siswa, ada pengaruh pembelajaran remedial dengan penugasan terhadap hasil belajar fisika siswa dan terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan pembelajaran remedial oleh tutor sebaya dengan penugasan.
Kata kunci : hasil belajar, pembelajaran remedial, penugasan, tutor sebayaFull Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Andespa, Deri. 2013. Penerapan Remedial Teaching dengan Variasi Metode oleh Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMK. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2015. Penilaian Otentik (Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Margono. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.
Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan ter-hadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.
Nitko dan Brookhart. 2007. Education Assesment Of Student 5th Edition. Colombus: Pearson Merril Prentice Hall.
Sanubari, Fajar, Sri Yamtimah, dan Tri Redjeki. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Teman Sebaya Dilengkapi dengan Media Interaktif Flash untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 3(4): 147-148.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Mrode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.