PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI CAHAYA
Abstract
The aim of this research is to produce an interactive multimedia used macromedia flash for SMP/MTs for light topic based on scientific approach and describe the attractiveness and the effectiveness of the product. The research used research and development approach consist of analysis of need (problem), learning objectives, materials, synopsis, first manuscript, prototype production, evaluation, revision, final manuscript, product test, and final product. The product of interactive multimedia showed that the attractivenesss value with score 3,39 (very attractive), easinesss value with score 3,37 (very easy), expediencys value with score 3,16 (useful), and effective because more than 75% of students reach the standard of achievement score. Based on the result of research and development , it can be concluded that the interactive multimedia is attractive and effective to be used as a learning media through scientific approach.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan multimedia interaktif menggunakan macromedia flash untuk SMP/MTs pada materi cahaya yang sesuai dengan pendekatan saintifik dan mengungkapkan kemenarikan dan keefektifan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan meliputi tahap analisis kebutuhan (masalah), tujuan, pokok materi, sinopsis, naskah awal, produksi prototipe, evaluasi, revisi, naskah akhir, uji coba, dan produk final. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah multimedia interaktif yang dikembangkan dikategorikan sangat menarik dengan perolehan skor 3,39, sangat mudah digunakan dengan perolehan skor 3,37, bermanfaat dengan perolehan skor 3,16, dan efektif karena hasil belajar siswa lebih dari 75% siswa telah tuntas KKM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah multimedia interaktif yang dikembangkan menarik dan efektif sebagai suatu sumber belajar dengan pendekatan saintifik.
Kata kunci: cahaya, multimedia interaktif, pendekatan saintifik, pengembangan
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
BPSDMPK. 2013. Panduan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Daryanto.2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan SK Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sadiman, Arief S., R. Raharjo, Anung Haryono, dan Rahardjito. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sularno. 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Fluida Statis SMA. Skripsi. Bandar Lampung: Unila (Tidak Diterbitkan).
Suniati, Ni Made., Wayan Sadia, dan Anggun Suhandana. 2013. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Penurunan Miskonsepsi. Jurnal. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha (Tidak Diterbitkan).
Suprawoto, N.A. 2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. (Online).(http://www.scribd.com/doc/16554502/Mengembangkan-Bahan-Ajar-dengan-Menyusun-Modul. Diakses 24 Maret 2015).
Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.
Viana, Desma. 2013. Pengembangan Multimedia Interektif Model Tutorial pada Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis SMP/MTs. Skripsi. Bandar Lampung: Unila (Tidak Diterbitkan).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.