PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR
Abstract
The research development aimed to produce physics learning module based on guided inquiry in the main subject of temperature and heat to student in X class. The research method used Research and Development approach. The development procedure of this module include: potential problems, data collection to meet the need, product design, the validation design, the revised design, the friendly match products include, trial internal: feasibility test products, trial external: trial utility products, revision and final stage, the production. After doing the trial learning module that developed was interesting, easy, and beneficial for the students. The learning module is also effective used as a learning media.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok suhu dan kalor untuk siswa kelas X. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan modul ini meliputi: potensi masalah, pengumpulan data untuk memenuhi kebutuhan, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk meliputi, uji internal: uji kelayakan produk, uji eksternal: uji kemanfaatan produk, revisi dan tahap terakhir, produksi. Setelah melakukan uji coba lapangan modul pembelajaran yang dikembangkan menarik, mudah, dan bermanfaat bagi siswa. Modul pembelajaran tersebut juga efektif digunakan sebagai media pembelajaran.Kata kunci: inkuiri terbimbing, modul, pengembangan.
Full Text:
PDFReferences
Arum, R.F. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dengan Tema Belajar Mikroskop yang Mudah dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP/Mt.(online) (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/2556/66/335. Diakses 4 Maret 2015.)
Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). ( online) 20Juni 2014.
Luthfiyani, I.G. 2014. Pengembangan LKS pada Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tema Pengaruh Suhu terhadap Kehidupan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 (online). Wates.http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/7044/66/888. Diakses 9 Maret 2015.)
Noer, S.H. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. (Disertasi). UPI: Tidak diterbitkan
NRC. 2000. National Science Education Standars. Washington, DC: National Academy Press.
Ratna, Askaria Fitriani. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dengan Tema Garputala Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMP/Mts. (online) (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/101/66/523. Diakses 9 Maret 2015.)
Sani, Abdulah S. 2014. Pembelajaran Sainstifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Suprawoto, N. A. 2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. (online) (http://www.scribd.com/doc/16554502/Mengembangkan-BahanAjar-dengan-Menyusun-Modul. Diakses pada tanggal 25 oktober 2014)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.