PENGEMBANGAN LKS DENGAN SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Fretty Intan Normarita, I Dewa Putu Nyeneng, Chandra Ertikanto

Abstract


Student worksheet is one of the media used in the learning process to develop the skills, attitudes and knowledge.This development research aimed to (1) produce students worksheets, (2) knowing the interesting, (3) ease of students worksheet, and (4) effectivity of the students worksheet in terms of outcomes increase creative thinking skills. Research steps starting from need analysis, identification of resources, identification of product specifications, product development, internal testing, external testing, and production. Results of this research were (1) the development of students worksheets that can enhance creative thinking skills of students, (2) the attractiveness of the students worksheet has been categorized as very attractive value 3.34; (3) ease of students worksheet has been categorized as good with a value of 3.2; (4) the effectiveness of students worksheet has been effective with 83.3% of the students completed the KKM.

Lembar kerja siswa merupakan salah satu media yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan, sikap dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk LKS, (2) mengetahui kemenarikan, (3) kemudahan LKS serta (4) keefektifitasan LKS ditinjau dari hasil peningkatan keterampilan berpikir kreatifnya. Langkah-langkah penelitian dimulai dari analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, dan produksi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pengembangan LKS yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, (2) kemenarikan LKS sudah dikategorikan sangat menarik nilai 3,34; (3) kemudahan LKS sudah dikategorikan baik dengan nilai 3,2; (4) efektifitas LKS sudah efektif dengan 83,3% siswa tuntas terhadap KKM.

Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, LKS, scientific approach.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Powerpoint. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyono. 2003. Pendidikan bagi anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmawati, Laili. 2006. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Salafiyah Pekalongan Kelas VII Semester II Tahun 2005/2006 dalam Pembelajaran Garis dan Sudut Melalui Implementasi metode Inkuiri dengan Memanfaatkan Lembar Kerja Siswa (LKS). Skripsi. Tidak diterbitkan

Sukmadinata, N. S. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kusuma Karya

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Unila

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Trianto. 2010. Perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.