PENGEMBANGAN SUPLEMEN BUKU SISWA MATERI DINAMIKA GERAK DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC

Andrian Primanda, Nengah Maharta, Feriansyah Sesunan

Abstract


This research aimed to produce suplement book with scientific approach that are effective to learn dynamical motion concept for students and aimed to identify students response about the attractiveness of the product development. This research used research and development (R&D) method with implementation procedure referenced on the research procedure according to Sugiyono that consisted of seven steps, these are:(1) data collection; (2) product design; (3) design validity; (4) design improvement; (5) product trials; (6) product revision; and (7) usage trials. This research produced suplement book in the concept of dynamical motion as a source of independent learning for students grade X IPA SMAN 1 Buay Madang. The product was declared effective based on the success of students who reached the minimum completeness criteria (which called KKM) and it was declared attractive based on questionnaire analysis results.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sumplemen buku dengan pendekatan saintifik yang efektif dalam membelajarkan konsep dinamika gerak pada siswa serta untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap kemenarikan dari produk yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan prosedurpelaksanaan mengacu pada prosedur penelitian menurut Sugiyono yang terdiri dari tujuh langkah, yaitu: (1) mengumpulkan informasi; (2) desain produk; (3) validasi desain; (4) perbaikan desain; (5) uji coba produk;(6) revisi produk; dan (7) pembuatan produk.Penelitian ini menghasilkan suplemen buku siswa pada konsep dinamika gerak sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa kelas X IPA SMAN 1 Buay Madang. Produk yang dihasilkan dinyatakan efektif berdasarkan keberhasilan siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan dinyatakan menarik berdasarkan hasil analisis angket.

Kata kunci: dinamika gerak, pendekatansaintifik, penelitian pengembangan, suplemen buku siswa


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2001. Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Mendikbud. 2013. Modul Pelatihan Guru Materi ImplementasiKurikulum 2013 SMP/ MTs Ilmu Pengetahuan Alam. BPSDMPMP. Jakarta: Kemendikbud.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Rohman, Muhammad dan Sofan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2008. Metodepenelitian Pendidikan, Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila

Suyatna, Agus. 2013. Desain Pembelajaran Fisika dengan Scientific Approach Menggunakan Kurikulum 2013.(Materi Seminar). Bandar Lampung: Universitas Lampung

Trianto. 2012. Character Building, Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Ula, S. Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yamin, Martinis. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.