PENGEMBANGAN LKS MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI SUHU DAN KALOR
Abstract
This research aimed to develop a worksheets using discovery learning model which are attractive, convenient, beneficial, and effective to be used a learning media. Stages of research development were started from analyzing the potential and problems, collecting the data, designing product, design validation, the revised design, product testing, product revision, and utility testing. Based on the research results showed products developed obtained the attractiveness score of 3.19 with both categories, a score of 3.20 with the ease of both categories, and scores expediency 3.38 with very good category. Products developed declared effective by the percentage of students completed 79.41 %.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS menggunakan model discovery learning yang menarik, mudah, dan bermanfaat serta efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Tahapan penelitian pengembangan ini dimulai dari menganalisis potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil penelitian, produk yang dikembangkan memperoleh skor kemenarikan 3,19 dengan kategori baik, skor kemudahan 3,20 dengan kategori baik, dan skor kemanfaatan 3,38 dengan kategori sangat baik. Produk yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan persentase 79,41% siswa tuntas KKM.Kata kunci: kalor, LKS discovery learning, pendekatan saintifik, pengembangan LKS, suhu.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Khoiriyah, Nikmatul. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Berbantuan Simulasi Komputer. Jurnal. Bandar Lampung: Universitas Lampung. (Online).(jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/viewFile/2090/1243. Diakses 23 Maret 2015).
Rohman, Muhammad. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, Eko. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Unila.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.