HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR FISIKA

Arum Novira Surie, Nengah Maharta, Undang Rosidin

Abstract


In general, the process of learning physics class who do not teach physics applications and use learning strategies monotonous. causing learning outcomes and low interest in learning physics. when teachers give assignments that force students to repeat the lessons that have been submitted. based on that researchers try to do a study to determine the relationship giving structured tasks on learning outcomes and student interest in learning in class. purpose of this study was to identify the relationship structured task-based learning on learning outcomes of physics, and identify relationships structured task-based learning on student interest. the results of this study are positive and significant relationship between the provision of structured tasks with learning outcomes and student interest.

Pada umumnya proses pembelajaran fisika yang dilakukan dikelas tidak mengajarkan aplikasi fisika dan menggunakan strategi belajar yang monoton. Sehingga menyebabkan hasil belajar dan minat belajar fisika rendah. Padahal guru memberikan tugas yang memaksa siswa mengulang kembali pelajaran yang telah disampaikan. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa pada pembelajaran dikelas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifkasi hubungan pembelajaran berbasis tugas tertruktur terhadap hasil belajar dan menidentifikasi hubungan tugas terstruktur terhadap minat belajar sisa. Hasil dari pene;itian ini adalah ada hubungan yang posotif dan signifikan antara pemberian tugas terstruktur dengan hasil belajar dan minat belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, minat belajar, tugas terstruktur


Full Text:

PDF

References


Arikunto, 1997. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Abdurahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusumah. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.

Mayoga, Puspita. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Mulyasa, E. 2006.Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Sudjana, Nana. 2008. Model-Model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru.

Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zanikhan.2006. Pendekatan dan Metode Pembelajaran. (online), (http://http://zanikhan.multiply.com/journal/item/5568?mark_read=zanikhan:journal:5568. Diakses 18 Desember 2010).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.