PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Mike Anita Putri, I Dewa Putu N, Undang Rosidin

Abstract


The aims of this developmental research are 1) to create an assessment rubric of Science Process Skill 2) reveal the expediency and benefit of assessment rubric, which is developed as an assessment source. Development method consists of five steps: requirement analysis, development of beginning product, expert’s validation, product test, and final product. Research’s population was 25 students of second grade 4 in SMPN 1 Bandar Lampung. The result of reliable test showed that the product is proper to be used with the reliable coefficient 0.802. The test of product showed that product is useful, practical, and attractive. The measurement result of science process skill using an assessment rubric showed that students have good science process skill with percentage 56 %. 20 % of the students have very good category of science process skill, and 24 % of the students have enough category.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: (1) membuat rubrik penilaian keterampilan proses sains dan (2) mengungkapkan kelayakan dan kemanfaatan rubrik penilaian yang dikembangkan sebagai suatu sumber penilaian. Metode pengembangan meliputi lima tahapan pengembangan, yaitu; analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba produk, dan produk akhir. Populasi penelitian merupakan siswa kelas VIII 4 di SMPN 1 Bandar Lampung yang berjumlah 25 siswa. Hasil uji reliabilitas menunjukkan produk layak digunakan dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,802. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa produk sangat bermanfaat, mudah digunakan dan menarik. Hasil pengukuran keterampilan proses sains dengan menggunakan rubrik penilaian menunjukkan keterampilan proses sains siswa yang baik dengan persentase 56.00% siswa mencapai kategori keterampilan proses sains sangat baik, 20.00% siswa berkategori baik, dan 24.00% siswa dengan kategori cukup.

Kata kunci: keterampilan proses sains, pengembangan, rubrik penilaian


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar (Ed. 7 Jilid 1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Gunawan, Muhammad Ali. 2009. Tugas dan Penyusunan Kriteria Penilaian (Rubrik). Artikel Pendidikan. (Online).(http://www.forumpenelitian.blogspot.com/2009/09/. Diakses 21 Juni 2014 ).

Hamid, Sholeh. 2011. Standar Mutu Penilaian dalam Kelas. Yogyakarta: DNA Press.

Mahmud, Rifah. 2013. Evaluasi Penilaian 2: Unjuk Kerja. Artikel Pendidikan. (Online). (http://www.rifahmahmud.staff.stainsalatiga.ac.id/2013/01/29/evaluasi-dan-penilaian-2-unjuk-kerja/. Diakses 17 Juli 2014)

Nitko, Anthony J. 1996.Educational Assessment of Student. New Jersey : Prentice-Hall.

Sudjarat, Akhmad. 2008. Penilaian Ranah Afektif. Artikel Pendidikan. (Online). http://www.akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/15/penilaian-ranah-afektif. Diakses 20 Februari 2014)

Susila, I Ketut. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (Performance Asesment) Laboratorium pada Mata Pelajaran Fisika sesuai KTSP SMA Kelas X di Kabupaten Gianyar. Bali : Undiksha

Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta : Pusat Penelitian Kebijakandan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional

Widyaningsih, Vera. 2013. Pengembangan Rubrik Penilaian Portofolio Proses Sains pada Materi Ekosistem di SMP Negeri 1 Wedarijaksa Kabupaten Pati. Semarang : Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.