PENGARUH SIKAP ILMIAH SISWA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING

Gusriana Gusriana, I Dewa Putu N, wayan Suana

Abstract


The observation results showed that there were many students who did not possess scientific attitude in learning physics. This was caused by a fact that students used conventional learning model. The objective of this research was to find out the influence of student’s scientific attitude to concept mastery by using guided inquiry learning model. Population was all Grade X students in State Senior High School 12 in Bandar Lampung in odd semester of academic year 2013 – 2014. Samples were 34 students in classroom X4.3samples were taken using simple random sampling technique. This research used one-shot case study design. Hypothesis was tested using simple linear regression. The result showed, the conclusion was that the student’s scientific attitude influenced positively and significantly the students’ physics mastery concept by using guided inquiry learning model with contribution of 31% which was the determination coefficient value (R square).

Berdasarkan hasil observasi masih banyak siswa yang kurang memiliki sikap ilmiah dalam mempelajari fisika. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang diterima siswa menggunakan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sikap ilmiah siswa terhadapa penguasaan konsep fisika siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Populasi penelitian adalah seluruh Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013-2014, sedangkan sampel yang diambil yaitu Kelas X4 dengan jumlah 34 siswa. Pemilihan kelas sampel dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan desain one-shot case study. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa sikap ilmiah siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguasaan konsep fisika siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kontribusi sebesar 31% yang merupakan nilai koefisien determinasi (R Square).

Kata kunci: inkuiri terbimbing, penguasaan konsep, dan sikap ilmiah.


Full Text:

PDF

References


Andriani, Nely., Imron Husaini, Lia Nurliyah. 2011. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Cahaya di Kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Padang. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains. (http://repository.upi.edu/6295/9/S_KIM_0909025_Bibliography.pdf, diakses 20 Desember 2013)

Dahar, Ratna Wilis. 2003. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dewi, Narni Lestari., Nyoman Dantes, I Wayan Sadia. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Ipa. EJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. Volume 3 Nomor 1. (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view/512, diakses 20 Desember 2013)

Kusuma, Merta Dhewa. 2013. Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Strategi Scaffolding-Kooperatif. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung. I(2):23-33. (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/338.html, diakses 20 Desember 2013).

Memes, Wayan. 2002. Model Pembelajaran Model Fisika di SMP. Jakarta: Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah Depdiknas. (Online), (http://library.um.ac.id/freecontents/index.php/buku/detail/ model-pembelajaran-fisika-dismp-wayan-memes-penilai-tanik-gie-dan-i-made-padri-14440.html, diakses 20 Desember 2013)

Rustaman. 2005. Pengembangan Konsep. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.