PENGEMBANGAN BUKU SISWA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS MULTIREPRESENTASI MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

Tofan Adi Prasetyo, Nengah Maharta, Viyanti Viyanti

Abstract


Nowadays, the students' book only emphasize its mathematical representation without being inserted appropiate approach in learning process whereas physics needs science essence in its learning process which is not only focus on math solving but also focus on concept comprehension. The purpose of this research was to produce the students' book with scientific approach and base of multirepresentation in impulse and momentum for senior high school which has been developed to be interested, easy, useful and effective to be used as learning resources. The method of this research used research and development method. The research had been done for the students grade X of SMA Paramarta had showed that the product was interested, easy, useful and effective as learning resources.

Selama ini buku siswa fisika yang ada cenderung hanya menekankan representasi matematis saja tanpa disisipkan pendekatan yang sesuai dengan proses pembelajaran, padahal fisika merupakan cabang ilmu yang menuntut proses pembelajaranya sesuai dengan hakikat IPA yang tidak hanya berpusat pada penyelesaian masalah matematis tetapi juga pemahaman konsep yang baik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa buku siswa dengan pendekatan scientific berbasis multirepresentasi materi impuls dan momentum untuk siswa SMA yang dikembangkan secara menarik, mudah, bermanfaat dan efektif sebagai sumber belajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil uji coba produk yang ditujukan kepada siswa kelas X SMA Paramarta menunjukkan bahwa produk menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan dinyatakan efektif sebagai sumber pembelajaran

Kata kunci: buku siswa, multirepresentasi, pendekatan scientific.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, R. Apriliyawati, & Payudi. 2008. Limitation of representation mode in learning gravitational concept and its influence toward student skill problem solving. Proceeding Of The 2nd International Seminar on Science Education. PHY-31: 373 –377.

Mendikbud. 2013. Modul Pelatihan Guru Materi Implementasi Kurikulum 2013 SMP/ MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud

Nahel, Bintu. 2012. Pengertian Buku Siswa. (Online). (http://www.id.shvoong.com/socialsciences/education/2251813-pengertian-buku-siswa/, diakses 2 Oktober 2013).

Rosengrant, D., Etkina, E., & Heuvelen, A.V. 2007. An Overview of Recent Research on Multiple Representations. Rutgers (Online). Available: http://paer.rutgers.edu/ScientificAbilities/Downloads/Papers/DavidRosperc2006. (30 “of November 2013)

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lamung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila

Suyatna, Agus. 2013. Desain Pembelajaran Fisika dengan Scientific Approach Menggunakan Kurikulum 2013. Materi Seminar Sosialisasi Kurikulum 2013. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.