PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN

Trian Hermawan, Undang Rosidin, Ismu Wahyudi

Abstract


The purposes of this research were to develop the multimedia learning in science that consist of devinity and love of the environment that validated and to know the attractiveness, easiness, and usefulness, along with effectiveness of the product. The development of multimedia was began with informed analysis and formulated the purpose, collected basic materials, made the synopsis and initial manuscripts to produce prototype I. The prototype I was evaluated by the material and media experts, limited test and revised to the end of the manuscript. Then a product tested in the field before produced the final products. This research applied one group pretest. The result of internal test by expert is stated that the product is suitable as a learning media. The result of external test by user stated that using multimedia has excellent of attractiveness quality, excellent of ease quality, and excellent of expediency quality and multimedia effectiveness in learning with student’s percentages result of learning more than 80% of KKM from knowledge, affective, and skilled.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan yang divalidasi, mengetahui kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan serta keefektifan produk. Pengembangan produk diawali dengan analisis kebutuhan dan merumuskan tujuan, mengumpulkan pokok materi, membuat sinopsis dan naskah awal untuk memproduksi prototipe I. Prototipe I dievaluasi oleh ahli, uji terbatas dan direvisi menjadi naskah akhir. Sebelum dihasilkan produk final produk diuji di lapangan. Hasil uji internal dinyatakan bahwa produk layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji lapangan oleh pengguna, dinyatakan bahwa multimedia yang digunakan memiliki kualitas kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan sangat baik, serta produk efektif digunakan dalam pembelajaran dengan presentase hasil belajar siswa lebih dari 80% tuntas KKM dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Kata kunci: multimedia, nilai kecintaan terhadap lingkungan, nilai ketuhanan, pembelajaran sains


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Model Pembelajaran Terpadu IPA SMP/MTs/SMP LB. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Diknas.

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan Dan Kecintaan Terhadap Lingkungan Untuk Memperkuat Karakter Siswa SMP. Laporan penelitian tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung.

Sadiman, Arif S., R. Raharjo, Anung Haryono, Rahardjito. 2012. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sauri, Sofyan. 2010. Revitalisasi Pendidikan Sains dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa untuk Menghadapi Tantangan Global. (Online). (http://file.upi.edu/direktori/fpbs/jur._pend._bahasa_arab/195604201983011-sofyan_sauri/makalah2/pendidikan_nilai_dalam_sain.pdf, diakses 17 September 2013).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta:Fokus Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.