PEMANFAATAN MEDIA TIK TUTORIAL SEBAGAI KOMPLEMEN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN ALAT UKUR SMP

Dian Purnomo, Eko Suyanto, Viyanti Viyanti

Abstract


The aims of this research are to understand the increasing of cognitive learning outcomes of students, to build the science process skills of students, to form the character of students, to improve the activities of students and to build the positive attitudes of students that use tutorial ICT media as the experimental complement in measuriment learning.The research has been done in the first semester of academic year 2013/2014 in SMP negeri 1 Seputih Surabaya, Central Lampung. The population of the research was the students of the VII class and the sample of the research was VII C. This research used random sampling technique to choose the sample . The result was able to increase the cognitive learning outcome of students, built the science process skills of students, form the character of students, improve the activities of students and to built the positive attitudes of students.

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif, menumbuhkan KPS, membentuk karakter, mengembangkan aktivitas, dan menumbuhkan sikap siswa terhadap pemanfaatan media TIK tutorial sebagai komplemen eksperimen pada pembelajaran alat ukur. Penelitian berlangsung pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 di SMP Negeri 1 Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah. Sampel yang diambil yaitu kelas VIIC. Pemilihan kelas secara random. Hasil penelitian yaitu terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa, dapat menumbuhkan KPS siswa, dapat membentuk karakter siswa, dapat mengembangkan aktivitas siswa, dan dapat menumbuhkan sikap positif siswa.

Kata kunci: aktivitas siswa, karakter, keterampilan proses sains siswa, media tik tutorial, sikap siswa


Full Text:

PDF

References


Aji, Prasetyo dan Suparman. 2013. Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Pokok Bahasan Internet Pada Mata Pelajaran Tik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ipa SMA N 6 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Edisi 1 Tahun ke 2013. (Online). (http://www.eprints.uny.ac.id. diakses, 2 April 2014)

Al-Busaidi, Kamla Ali. 2013. An empirical investigation linking learners’ adoption of blended learning to their intention of full e-learning. EBSCHOhost. Vol. 32 Issue 11. ISSN: 0144-929X

Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan

Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Elmubarok, Zaim.2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Fauzi, Fadil Yudia, Ismail Arianto, Etin Solihatin. 2013. Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKN UNJ. Volume 1 No 2. (Online). (http://www.academia.edu, diakses, 02 April 2014)

Hamalik, Oemar. 2004. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Oktivina, Mawar.2014. Pemanfaatan Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Simulasi Sebagai Komplemen Demonstrasi. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 2 No 1. (Online).(http://jurnal.fkip.unila.ac.id, diakses 3 April 2014)

Pujayanto. 2012. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Keaktifan Mahasiswa (Lesson Study). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. Volume 2 No.1. (Online) (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id, diakses 3 April 2014)

Sadiman, 2008 Media Pendidikan: Pengembangan dan pemanfaattannya. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.

Suryo. 2012. Meningkatkan Penguasaan Siswa terhadap materi pelajaran tentang Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari dengan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Ciawi. Jurnal sarana Aktivitas dan Unggulan Guru. Volume 3 No 2. (Online). (http://www.jurnal.upi.edu, diakses 02 April 2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.