PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN ARGUMENTASI ORAL DAN TERTULIS

Maria Ulpa, Abdurrahman Abdurrahman, Ismu Wahyudi

Abstract


The research has been done to compare the average differences of physic learning results between students who used oral argumentation ability and who used written argumentation ability approach in State Senior High School 1 Labuhan Maringgai in academic year 2013/2014. This research was a treatment to a learning (free variable) to show measurement and scientific value (dependent variable) by using one-shot case study. The results showed that there were significant difference between students using oral and written argumentation ability in average.

Telah dilakukan penelitian untuk membandingkan perbedaan rata-rata hasil belajar fisika antara siswa yang menggunakan pendekatan kemampuan argumentasi oral dengan pendekatan kemampuan argumentasi tertulis, di SMA Negeri 1 Labuhan Maringgai tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan sebuah perlakuan terhadap suatu pembelajaran (variabel bebas) untuk menunjukkan pengukuran dan nilai ilmiah (variabel terikat), dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar fisika antara siswa yang menggunakan pendekatan kemampuan argumentasi oral dengan pendekatan kemampuan argumentasi tertulis dengan perbedaan yang signifikan, terlihat bahwa hasil belajar siswa pada kelas kemampuan argumentasi oral lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas kemampuan argumentasi tertulis.

Kata kunci: kemampuan argumentasi, kemampuan argumentasi oral, kemampuan argumentasi tertulis


Full Text:

PDF

References


Afriani, Risna. 2012. Analisis Hasil Belajar Fisika Siswa SMP di Tinjau dari Skill Argumentasi Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Eksperimen di Laboratorium Nyata dan Maya. Skripsi (Tidak diterbitlan). Universitas Lampung.

Berland, Leema K dan David Hammer. 2012. Framing for Scientific Argumentation. Journal of Research Science Teaching. 49, 68-94.

Duschl, R. d. 2002. Supporting and promoting argumentation discourse. In Erduran, Argumentation in Science Education (p.4). Sherry Southerland: Springer.

Febriyeti, Sarwina. 2012. Hubungan Skill Argumentasi Ilmiah dengan Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Hand, Brian dan Aeran Choi. 2010. Examining the Impact of Student Use of Multiple Modal Representations in Constructing Arguments in Organic Chemistry Laboratory Classes. Journal of Research Science Education. 40, 29-44: Springer

Irawan, Indra. 2013. Oral Communication skill. (online). (http://blogs.unpad.ac.id/indrairawan0068/2012/04/19/oral communication-skills/, diakses pada tanggal 13 Juni 2013).

Keys, C. W, Brian Hand. 1999. Using the Science Writing Heuristic as a Tool Far Learning From Laboratory Investigations in Secondary Science. Journal of Research Science Teaching. 36, 1065-1084.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Setyowati, Meinani Dwi. 2009. Penerapan Kecerdasan Majemuk Belajar Fisika Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Di SMA N 2 Magelang. Berkala Fisika Indonesia. 1, 2.

Siegel. 1995. Why Should educators Care About Argumentation? Informal Logic. In erduran, argumentation in Science Education (p. 4). Sherry Southerland: Spinger.

Sinaga, Anggiat M dan Sri Hadiati. 2001. Pengertian Kemampuan. (online). (http://milmanyusdi.blogspot.com/2011/07/pengertian-kemampuan.html, diakses tanggal 20 Januari 2014).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim penyusun kamus pusat bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi 3). Jakarta: Balai Pustaka.

Umami, Faridatul. 2012. Analisis Karangan Argumentasi Siswa Kelas XI SMK N 12 Malang Tahun Pelajaran 2011/2012. Journal of Research.

Wahyuni, Sri. 2012. Perbandingan Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Skill Argumentasi Verbal dan Non Verbal dengan Tehnik Group Investigation (GI). Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Yusdi, Milman dan Mohammda Zain. 2010. Pengertian Kemampuan. (online). (http://milmanyusdi.blogspot.com/2011/07/pengertian-kemampuan.html, diakses tanggal 20 Januari 2014).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.