PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAB FISIKA BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN
Abstract
Instructional Physic LAB Media, tutorial model using Macromedia Flash has been developed in order to convey knowledge and strengthen the competence of students in SMP/MTs on the solids, liquid, and gas learning material that consist of divinity and love for the environment, also to determine the effectiveness, attractiveness, easiness and usefulness aspect of the products that was developed. The development of instructional media begins with the need analysis and identification of resource requirements. Furthermore, formulating initial script based on learning objectives and identification product, then developing the product. Internal test result by design and learning material expert stated that the instructional media is proper to use as an instructional media. The external test resulted by users show that the quality of instructional media: very attractive, easy to use, very useful, and effective to be used as a learning resource with percentage of student learning outcomes by 81,8% reached the passing grade .
Untuk menyampaikan pengetahuan dan memperkuat karakter siswa, telah dikembangkan media pembelajaran LAB Fisika model tutorial menggunakan Macromedia Flash untuk SMP/MTs pada pokok bahasan zat padat, cair, dan gas bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan lingkungan serta mengetahui efektifitas, kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan produk yang dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran diawali dengan analisis kebutuhan dan identifikasi sumber daya. Selanjutnya merumuskan naskah awal berdasarkan tujuan pembelajaran dan identifikasi produk, kemudian mengembangkan produk. Hasil uji internal oleh ahli desain dan ahli materi menyatakan media pembelajaran layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji eksternal oleh pengguna menunjukkan kualitas media pembelajaran: sangat menarik, mudah digunakan, dan sangat bermanfaat serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase hasil belajar sebesar 81,8% siswa telah memenuhi KKM.
Kata kunci: kecintaan terhadap lingkungan, media LAB fisika, nilai ketuhanan
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Elmubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Ramadiana, Sri. 2012. Hakikat Belajar Sains di SMP. (online), (http://www.republikaofscience.wordpress.com/pendidikan/konsep-pendidikan/hakekat-belajar-sains-di-smp/ html, diakses 15 mei 2013, pukul 15: 55 WIB).
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan untuk Memperkuat Karakter Siswa SMP. Laporan Penelitian. Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung. (Tidak Diterbitkan)
Sadiman, Arif S., R. Rahardjo, Anung Haryono, dan Rahardjito. 2008. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudrajat, Akhmad. 2008. Media Pembelajaran. (online) (http://www.akmadsudrajat.wordpress.com/2010/07/16/media-pembelajaran-berbasis-komputer/ html, diakses 05 April 2013, pukul 15.35 WIB).
Sularno. 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Fluida Statis SMA. Skripsi. Bandar Lampung: Unila (Tidak Diterbitkan).
Syahbrudin, Johan. 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Kinematika Gerak Lurus SMP/MTs. Skripsi. Bandar Lampung: Unila (Tidak Diterbitkan).
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.