PENGEMBANGAN BUKU SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN LINGKUNGAN
Abstract
In accordance with the concept of 2013 curriculum, student book used in learning strengthened the competence of the students knowledges, skills, and characters. The research was to develop the student book in science learning divinity and love for the environment the value contents. The development began with the analysis and identification of resource requirements. Furthermore, the identification of the product specification was developed, then product development. Internal expert judgement, stated that the product good as a medium of learning. External user judgement, stated that the student book was attractive in a good quality with a score of 3.25; in a very good quality ease with score 3.36; and a very good quality usefulness with a score of 3.46; and effectively used in learning the percentage of student learning outcomes by 80% completed the KKM.
Sesuai dengan konsep kurikulum 2013, buku siswa digunakan dalam pembelajaran untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan karakter. Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan buku siswa dalam pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan. Pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan dan identifikasi sumber daya. Selanjutnya dilakukan identifikasi spesifikasi produk yang akan dikembangkan, kemudian dilakukan pengembangan produk. Uji internal oleh ahli, dinyatakan bahwa produk layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Uji eksternal oleh pengguna, dinyatakan bahwa buku siswa memiliki kualitas kemenarikan baik dengan skor 3,25; kualitas kemudahan sangat baik dengan skor 3,36; dan kualitas kebermanfaatan sangat baik dengan skor 3,46; serta efektif digunakan dalam pembelajaran dengan persentase hasil belajar siswa sebesar 80% tuntas KKM.
Kata kunci: buku siswa, nilai kecintaan lingkungan, nilai ketuhanan
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
Depdiknas. 2004. Pedoman khusus pengembangan silabus berbasis kompetensi SMP mata pelajaran Pengetahuan Alam. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publising.
Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan untuk Memperkuat Karakter Siswa SMP. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung.
Sudarso. 2009. Pengembangan Model Perangkat Pembelajaran Kontekstual SMP Kelas VIII. (Online),(http://www.dharso.blogspot.com/2009/07/pengembangan model-perangkat.html, diakses 3 Mei 2013).
Sudirta, I Pt, I W. Sadia, dan I W. Suastra. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran FisikaSMP Bermuatan Karakter Dengan Setting Group Investigation. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. (Online), Vol 4, No.1, (http://www.pasca.undiksha.ac.id, diakses 27 Februari 2014).
Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.