PENGEMBANGAN LKS DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN

Cory Frisca, Undang Rosidin, Chandra Ertikanto

Abstract


The objectives of this development research were to produce LKS, and to know the effectiveness of science learning students worksheet with divinity and loving environment value contents. Observed by result of students’ learning that contain of knowledge, attitude, and skill aspects. These development steps are including of 7 steps: (1) the need of analysis; (2) the identification of resources; (3) the identification of product specification; (4) the product development; (5) the internal test; (6) the external test; and (7) production. The results product of this study are in the form of LKS with divinity and loving environment value contents which had been validated. The product had been evidented as effective based on result of students’ learning that had fulfilled of KKM at the VII-8 class of SMP Negeri 2 Bandar Lampung.

Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan produk LKS pembelajaran sains, dan mengetahui efektivitas LKS pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, ditinjau dari hasil belajar siswa yang mencakup aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tahap pengembangan ini meliputi 7 tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan; (2) identifikasi sumber daya; (3) identifikasi spesifikasi produk; (4) pengembangan produk; (5) uji internal; (6) uji eksternal; dan (7) produksi. Hasil penelitian ini adalah produk berupa LKS bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan yang telah divalidasi. Produk dinyatakan efektif berdasarkan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM pada kelas VII-8 SMP Negeri 2 Bandar Lampung.

Kata kunci: LKS, nilai kecintaan terhadap lingkungan, nilai ketuhanan.


Full Text:

PDF

References


Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Buku Pedoman Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Mandikdasmen, Direktorat Pembinaan SMP.

Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publising.

Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan Untuk Membentuk Karkter Siswa SMP. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan). Bandar lampung: Lembaga Penelitian Unila.

Setiawan. 2005. Lembar Kerja Siswa. Bandung: Universitas Terbuka.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Konsep Sumber Belajar. (Online). (http://akhmadsudrajat.wordpres.com/2008/04/15/sumber belajar-untuk-mengefektifkan-pembelajaran-siswa, diakses 20 September 2013)

Supriadi, Dedi. 2005. Membangun Bangsa dengan pendidikan. Bandung: PT Remaja.

Suyanto, Eko.2009.Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar PenuntasanBekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandar lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.

Suyitno. 1997. Pengertian LKS. Bandung: Universitas Terbuka.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.