PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN

Paulina Paulina, Undang Rosidin, Chandra Ertikanto

Abstract


The purpose of the research is to create assessment instruments divinity value-laden science learning and love for the environment and to find out the effectiveness of the instruments. The product is an affective assessment to measure students’ affective aspects in KI-1 and KI-2 based on curriculum 2013. This research used research and development method. The subject of this research is students’ from the class VII-3 of SMPN 1 Bandar Lampung year 2013/2014. The results of the research showed that assessment instruments divinity value-laden science learning and love of the environment as feasible and effective to use as an assessment instruments.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan serta mengetahui efektifitas instrumen penilaian yang dihasilkan. Produk yang dihasilkan berupa perangkat penilaian afektif untuk mengukur aspek afektif siswa yang terdapat pada KI-1 dan KI-2 sesuai kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode research and development. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMPN 1 Bandar Lampung tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan ini dinyatakan layak dan efektif digunakan sebagai instrumen penilaian.

Kata kunci: instrumen penilaian, muatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, pengembangan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2000. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R.2002.Educational Research.USA: An introduction. Library of Congress Cataloging.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Haryati, Mimin. 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nurokhim, Bambang. 2007. Membangun Karakter dan Watak Bangsa Melalui Pendidikan Mutlak Diperlukan. (On line). (http://www.tnial.mil.id/Majalah/Cakrawala/ArtikelCakrawala/tabid/125/articleType/ArticleView/articleId/200/Default.aspx. Diakses pada 20 April 2013).

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan untuk Memperkuat Karakter Siswa SMP. Laporan Penelitian. Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung (tidak diterbitkan).

Sudjana. 2008. Fungsi Pengembangan Dalam Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudrajat. 2008. Sumbe Belajar untuk Mengefektifkan Pembelajaran Siswa. (On line),(http://www.akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/04/15/SumberBelajaruntukMengefektifkanPembelajaranSiswa. Diakses pada 26 September 2013).

Suyanto, Eko. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses.Bahan Ajar. FKIP Universitas Lampung. Bandar Lampung (tidak diterbitkan).

Zuchdi, Damiyati. 2013. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.