PEMANFAATAN MEDIA TIK SIMULASI SEBAGAI SUBSTITUTE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN ALAT UKUR DI SMP

Novita Asma Ilahi, Agus Suyatna, Viyanti Viyanti

Abstract


The purpose of this study are: to determine an increase in cognitive learning outcomes, to grow the students science process skills, to form students character, to improve students activities, and to grow positive attitudes of students after they use of simulation ICT media as a substitute experiments on learning measuring instruments. The research was conducted in the first semester of the academic year 2013/2014 in junior high school Muhammadiyah Pringsewu. The research used purposive sampling technique, select one class from all over the existing class VII. Sample of research was 25 students of class VII 1. The research design is used an One-Shot Case Study. Based on the results of a study using simulation ICT media as a substitute experiments on measuring instruments learning increased cognitive learning outcomes of students, can grow science process skill of students, form the character of students, to improve students activities, and to grow a positive attitude of students.

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif, menumbuhkan KPS, membentuk karakter, mengembangkan aktivitas, dan menumbuhkan sikap positif siswa setelah pemanfaatan media TIK simulasi sebagai substitute eksperimen pada pembelajaran alat ukur. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 di SMP Muhammadiyah Pringsewu, Kabupaten Pringsewu. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga dipilih satu kelas dari seluruh kelas VII yang ada. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa dari kelas VII 1. Berdasarkan hasil penelitian memanfaatkan media TIK simulasi sebagai substitute eksperimen pada pembelajaran alat ukur diketahui terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa, dapat menumbuhkan KPS siswa, dapat membentuk karakter siswa, dapat mengembangkan aktivitas siswa, dan dapat menumbuhkan sikap positif siswa.

Kata kunci: aktivitas, karakter, keterampilan proses sains, media TIK simulasi, substitute eksperimen


Full Text:

PDF

References


Anas, Muhammad. 2008. Pemanfaatan Media TIK dalam Pembelajaran di Provinsi Sulawesi Tenggara. Malang: Simposium Pendidikan.

Bodner., Klobunchar., Geelan. 2001. The Many Forms of Constructivisme. The Journal of Chemical Education. Volume 78 No. 1107.

Fauzi, Ahmad. 2010. Analisis Karakteristik Siswa. (online), (http:// www.scribd.com diakses 20 april 2013)

Hartati, Risa. 2011. Pemanfaatan Media TIK untuk meningkatkan minat, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung

Hasibuan, Heni Farida. 2013. Pengaruh Multimedia dalam Pembelajaran Larutan yang Menggunakan model TPS terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Universitas Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP

Nuryanti, B. Lena. 2003. Aplikasi E-learning Sebagai Proses Pembelajaran. Yogyakarta: UNY. (online), (http://www.interworldstats. com diakses 20 april 2013)

Pujayanto. 2012. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Keaktifan Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, Volume 2 No.1

Rustaman, N.Y. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI

Saroja, Gancang. 2013. Pemanfaatan Perangkat Lunak Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika Listrik dan Magnet di SLTA. Malang: Jurusan Fisika FMIPA Universitas Brawijaya

Taufik, Muhammad. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Komputer Menggunakan Software CAD/CAM dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Memprogram Frais CNC. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, Volume 33 No.1

Wiyono, Wasis. 2013. Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Kecerdasan Emodional pada Siswa SMK N 1 Samarinda. Jurnal Public Knowledge Project. Volume 1 No. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.