PENGARUH SCAFFOLDING DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Apriana Apriana, Nengah Maharta, Abdurrahman Abdurrahman

Abstract


Physics is impressed as the one of difficult subject by the students. This wrong Impression makes the students do not like physics and makes them get low scores in result of learning. Research aimed, to see the effects of scaffolding in Multirepresentative problem solving on Physics Toward The Students’ Result of Learning Physics in Senior High School. The sample of this research is all of the students in first grade of IPA1 at Senior High School Number 1 Adiluwih Kab. Pringsewu in odd semester which consists of 24 students in year 2013/2014. The percentage of the mean in students’ scaffolding is 64,11% with high category. Meanwhile, the mean of the students’scores is 66,56 with high category. So, big influence of scaffolding in multirepresentative problem solving on physics is 29,1%, high scaffolding can influence high results of learning physics too.

Fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap siswa sebagai pelajaran yang cukup sulit. Anggapan inilah yang membuat siswa kurang menyukai fisika sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian, untuk mengetahui pengaruh scaffolding dalam pemecahan masalah fisika berbasis multirepresentasi terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Adiluwih Kab. Pringsewu pada semester ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 orang. Persentase rata-rata scaffolding siswa adalah sebesar 64,11% dengan kategori tinggi. Sedangkan rata-rata nilai belajar siswa adalah sebesar 66,56 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, besar pengaruh scaffolding dalam pemecahan masalah fisika berbasis multirepresentasi sebesar 29,1%, scaffolding yang tinggi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yang tinggi pula.

Kata kunci: hasil belajar, multirepresentasi, pemecahan masalah, scaffolding.


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Fajrin, Rizki Amalia. 2011. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Heller dan Heller. 2010. Pedagogi pemecahan masalah.(http://www.sondangrina.blogspot.com/2013/03/pedagogi-pemecahan-masalah.html diakses 9 mei 2013)

Heller dan Hollabaugh. 1992. Pedagogi pemecahan masalah.(http://www.sondangrina.blogspot.com/2013/03/pedagogi-pemecahan-masalah. html diakses 9 mei 2013).

Lange, V. L. 2002. Instructional scaffolding.Retrieved on September 25, 2007. (http://www.condor.admin.ccny.cuny.edu/~group4/Cano/Cano%20Paper.doc,diakses 9 mei 2013)

Larkin, M. 2002. Using Scaffolding Instruction to Optimize Learning (ERIC Digest). Arlington, VA: ERIC Clearinghouse on Disabilities and Gifted Education. (ERIC Document Reproduction Service No. ED474301)

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Setyowati, Arini Tri. 2012. Penerapan Pendekatan Scaffolding Learning Pada Mata Pelajaran Akuntansi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Kepanjen). Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suminnar, Iin. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif. Jakarta: Universitas Perndidikan Indonesia

Wood, D., Bruner, J., & Ross, G. 1976. The role of tutoring in problem solving. Journal of Child Psychology and Child Psychiatry, 17, 89−100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.