PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TUTORIAL SEBAGAI SUBSTITUTE DEMONSTRASI

Irfan Himawan, Agus Suyatna, Viyanti Viyanti

Abstract


The goals of this research were to know the increasing of students’ cognitive result and to describe students science process skills, students characters, students activities and students attitudes through the use of ICT media tutorial as a substitute demonstration of measurer at junior high school. The sample of this research was class VII1 of SMPN 1 Gadingrejo. The sample was taken random technique. Design of this research was one shot case study. Data were analyzed by using pair sample t-test. Based on results of data analysis concluded that student cognitive result increased and growth the students science process skills, students characters, students activities and students attitudes up through the use of ICT media tutorial as a substitute demonstration of measurer at junior high school.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa dan mendeskripsikan ketrampilan proses sains, karakter, aktifitas dan sikap siswa melalui penggunaan media TIK tutorial sebagai substitute demonstrasi pada pembelajaran alat ukur di SMP. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII1 SMPN 1 Gadingrejo. Sample diambil dengan teknik acak. Desain pada penelitian ini adalah one shot case study. Analisis data menggunakan uji pair sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa dan menumbuhkan keterampilan proses sains, karakter, aktifitas dan sikap siswa terhadap pembelajaran alat ukur setelah melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan media TIK tutorial sebagai substitute demonstrasi pada pembelajaran alat ukur di SMP.

Kata kunci: aktivitas, karakter, keterampilan proses sains, media tik tutorial, substitute demonstrasi,


Full Text:

PDF

References


Deaney, Rosemary, Kenneth Ruthven and Sara Hennessy.(2003). Pupil Perspectives on the Contribution of Information and Communication Technology to Teaching and Learning in the Secondary School. (Online). Research Paper in education, Volume 2, No. 18 (http://www.educ.cam.ac.uk diakses tanggal 4 Desember 2013).

Nursila, Habit dan Adi Dewanto. (2013). Penerapan Media Video Tutorial Dengan Pemanfaatan Software Camtasia Dalam Pembelajaran Fungsi Sederhana Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Sehingga Berdampak Pada Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di MTs N 1 Winong. (Online). Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika, Volume 2, No. 5 (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/3774/54/411 diakses tanggal 4 Desember 2013).

Osman, K, Vebrianto, R. (2013). Fostering Science Process Skills and Improving Achievement Through The Use of Multiple Media. (Online). Journal of Baltic Sciencer Education, Volume 12, Issue 2 (http://www.scientiasocialis.lt/jbse/?q=node/289 diakses tanggal 4 Desember 2013).

Rusman.2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Rustaman, Nuryani. 2005. Keterampilan Proses Sains. Bandung: SPS UPI.

Sadiman, A.S. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siragusa, L. & Dixon, K. (2008). Planned behaviour: Student attitudes towards the use of ICT interactions in higher education. In Hello! Where are you in the landscape of educational technology? Proceedings ascilite Melbourne 2008. http://www.ascilite.org.au/conferences/melbourne08/proc /siragusa.pdf. Tanggal 27 November 2013, jam 17.32 WIB

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Uno, Hamzah B. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sentosa, Yulia. Pengaruh Penerapan Me-dia Interaktif Berbantuan Software Tutorial terhadap Hasil Belajar TIK SMAN 1 Kota Solok . (Online). Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 2, No. 3 (http://ejournal.unp.ac.id/ index.php/jptk/issue/view/376 diakses tanggal 2 Desember 2013).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.