PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TUTORIAL SEBAGAI SUPLEMEN EKSPERIMEN

Junia Yurika, Agus Suyatna, Viyanti Viyanti

Abstract


The goals of this research were to determine the differences in cognitive learning outcomes, describe the Science Process Skills (SPS), the character, the activities and students’ attitudes toward the use of media ICT tutorial as a supplement experiment in the learning measuring instruments. The research design used One-Shot Case Study. The sample of this research was class VIID of SMPN 2 Way Tenong randomly. The data was analyzed by using pair sample t-test. The researcher concludes by the use of media ICT tutorial as supplement experiment that the differences in cognitive learning outcomes can bring up SPS, to build character, to increase the activity of students and to foster positive attitudes of students toward the use of ICT media tutorial as a supplement experiment in the learning measuring instruments.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif, mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains (KPS), karakter, aktivitas dan sikap siswa terhadap pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen terhadap peningkatan. Desain penelitian menggunakan One-Shot Case Study. Sampel penelitian ini kelas VIID SMPN 2 Way Tenong menggunakan teknik random. Kesimpulan penelitian setelah pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif, memunculkan KPS, membentuk karakter, meningkatkan aktivitas siswa serta menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen dalam pembelajaran alat ukur.

Kata kunci: media TIK tutorial, suplemen eksperimen, keterampilan proses sains, karakter siswa, aktivitas siswa.


Full Text:

PDF

References


Alam, Yuniar. 2012. Pengaruh Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Search, Solve, Create, And Share (Sscs) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Lampung: Universitas Lampung.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Elmubarok, Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta

Febriyeti, Sarwina. 2012. Hubungan Skill Argumentasi Ilmiah dengan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing. Lampung: Universitas Lampung.

Hartati, Risa. 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK menggunakan Pendekatan Konstruktivitas Untuk Meningkatkan Minat, Aktivitas, dan Hasil Belajar. Lampung: Universitas Lampung.

Mardiansyah. 2013. Pembuatan Modul Fisika Berbasis TIK Untuk Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Siswa SMAN 10 Padang Kelas X Semester 1. Padang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negri Padang. Diakses pada tanggal 21 Desember 2013 dari http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/487

Rohani, Ahmad dan Abu Ahmadi.1995. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : PT. RINEKA CIPTA

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Soenarto, Sunaryo. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Cara Berpikir Terhadap Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta:Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. UNY. Diakses pada tanggal 20 Desember 2013 dari http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/AHMAD_SAMSUDIN/Publikasi/01PFis_Sunaryo.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.