PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PRODUK UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Nova Lusiana, Undang Rosidin, Agus Suyatna

Abstract


The objective of this product development was to develop an instrument for product assessment students’ of physics’ grade XI of science 1, where the product was experiment guide instruments referring to experiment result reports to measure students’ learning results. Thus, it was required develop an experiment guide instrument that was able to improve students’ skills in expressing opinions and learning autonomously. Results of material test by experts and developed contents, a good score category and proper to use for learning product was 3.00. Instrument test results by experts obtained score 3.62. This score was categorized as a good score. The one on one test results showed that developed product quality was very interesting, easy to use, and useful. This was categorized as good because it belonged to range of average values of 3.56.

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian produk fisika siswa SMA kelas XI IPA 1, dimana produk yang dimaksud merupakan perangkat panduan praktikum yang mengacu pada laporan hasil praktikum untuk mengukur hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan perangkat panduan praktikum yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat dan belajar secara mandiri. Berdasarkan hasil uji ahli materi dan isi yang dikembangkan diperoleh skor yang dikatagorikan baik dan layak digunakan sebagai produk pembelajaran yaitu sebesar 3,00. Pada uji ahli instrumen penilaian diperoleh skor hasil uji sebesar 3,62. Skor tersebut dikatagorikan sangat baik. Sedangkan hasil uji satu lawan satu memperlihatkan bahwa kualitas produk yang dikembangkan sangat menarik, mudah digunakan dan bermanfaat. Hal tersebut dikatagorikan sangat baik karena masuk dalam rentang nilai rata-rata sebesar 3,56.

Kata kunci: hasil belajar siswa, instrumen penilaian produk, pengembangan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Firman, H. 2000. Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: FMIPA UPI.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ratnawati, Dewi. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Performance Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukamto. 2012. Tahap-tahap dalam Melakukan Penelitian Pengembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sumarno, Alim. 2012. Teknik asesmen Penilaian Produk [Online]. Tersedia: http://www.blog.elearning.unesa.ac.id/2010/06/25. Teknik Asesmen Penilaian Produk. Diakses 5 juli 2012.

Tabrani. 2008. Pengaruh Kegiatan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.