Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui LKPD Berbasis Scientific Approach Materi Elastisitas dan Hukum Hooke: Penelitian Pendahuluan

Tri Lestari, I Dewa Putu Nyeneng, Kartini Herlina

Abstract


The purpose of this research is to analyze teacher and students' needs for supporting learning media as students worksheet and to offer students a worksheet scientific approach based on what character students creative thinking skills. This development research uses the development model of Borg and Gall with ten main steps development. But this development research was done until third steps that are product design because of limited time. The result of this preliminary research is physics teacher of SMK Negeri 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah stated to really need students worksheet as supporting learning media  in learning activities with percentage 89,29%, 34 students stated to need students worksheet as supporting learning media  in learning activities with percentage 75%, and students worksheet design what might use to building students skills is students worksheet scientific approach based what character students creative thinking skills with 5 steps learning (observe, ask, do experiment, reasoning, communicating) and creative thinking indicator as problem sensitivity, fluency, flexibility, originality, and elaboration.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pendidik dan peserta didik akan adanya media penunjang kegiatan pembelajaran berupa LKPD, dan menawarkan desain rancangan LKPD yang berbasis scientific approach berkarakter keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang memuat 10 langkah pokok penelitian pengembangan. Namun, pada penelitian pengembangan ini hanya dibatasi sampai langkah ketiga yaitu desain produk karena keterbatasan waktu. Hasil penelitian ini adalah guru Fisika di SMK Negeri 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah menyatakan sangat memerlukan adanya LKPD sebagai media penunjang dalam kegiatan pembelajaran dengan presentase 89,29%, sebanyak 34 siswa menyatakan perlu adanya LKPD sebagai media penunjang dalam kegiatan pembelajaran dengan presentase 75%, dan desain LKPD yang mungkin dapat digunakan untuk membangun keterampilan siswa adalah LKPD berbasis pendekatan ilmiah (scientific approach) berkarakter keterampilan berpikir kreatif yang memuat langkah pembelajaran 5M (mengamati, menanya, melakukan eksperimen, menalar, mengomunikasi) dan indikator keterampilan berpikir kreatif yang meliputi kepekaan (problem sensitivity), kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration).

Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, LKPD, Scientific Approach


 


Full Text:

PDF

References


Bernie Trilling & Charles Fadel. 2009. 21st Century Skills Learning for Life in Our Times. San Francisco: Wiley. Diakses tanggal 23 Januri 2019 dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/ipa/article/download/1075/956

Borg dan Gall. 1983. Educational Research, An introduction. New York and London: Longman Inc.

Dini Kalinda, Praba Kurnia. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 127.

Fauzan, Ahmad. 2011. Analsis Kelayakan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogjakarta: Tidak diterbitkan.

Fitriani. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 29.

Huda, C. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegi Panjang (online) tersedia dalam http://digilib.sunanampel.ac.id/. Tanggal akses: 14 Mei 2015.

Kemdikbud. 2013. Permendikbud no 81A Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan.

Kinati, Dini. 2012. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Jurnal kreano ISSN: 2086-2334, 3 (2), 2.

Maryani, Lili. 2017. Efektivitas LKPD Berbasis Project Base Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Tesis. FKIP UNILA: Tidak Diterbitkan.

National EducationAssociation. 2002. Preparing 21st Century Students Guide to the “Four Cs”. Diakses tanggal 23 Januari 2019 dari http://eprints.uny.ac.id.

Novita, Rara. 2015. Pengembangan LKS Tema Kalor dan Perpindahannya dengan Scientific Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 3(4), 44.

Permatasari, Bella. 2018. Pengembangan LKPD Berbasis POE Untuk Pembelajaran Fisika Materi Momentum dan Impuls SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 6(1), 77.

Putri, DS. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict Observe Explain Pada Mata Pelajaran Fisika SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 6(2), 170.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009.Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Universitas Lampung.

Zahary, Masrurotu. 2017. Pengembangan LKPD Menggunakan Pendekatan Multikultural Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Sikap Sosial Siswa. Tesis. FKIP UNILA: Tidak Diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.