PENGEMBANGAN BUKU SAKU IPA TERPADU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS SISWA SMP

Citra Pangestu, Abdurrahman Abdurrahmana, Feriansyah Sesunan

Abstract


The purpose of this study is produced paperback book-based Integrated Science science literacy as a learning medium. The development procedure included: analysis of students' needs and characteristics, formulating learning goals, the formulation of the material, the preparation of the evaluation instrument, write a script / draft media, expert validation, field trials, and print production script. Expert validation is done by physicists. Expert validation test results state that pocket book-based Integrated Science science literacy in accordance with the design and materials are included in it have been worth it to be used as a medium of learning. Results from field trials showed pocket book Integrated Science science literacy based designs are very interesting and very effectively used as a medium of learning.

Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan buku saku IPA Terpadu berbasis literasi sains sebagai salah satu media pembelajaran. Prosedur pengembangan ini meliputi: analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, perumusan tujuan pembelajaran, perumusan butir-butir materi, penyusunan instrumen evaluasi, menulis naskah/draf media, validasi ahli, uji coba lapangan, dan mencetak naskah produksi. Validasi ahli dilakukan oleh ahli fisika. Hasil uji validasi ahli menyatakan bahwa buku saku IPA Terpadu berbasis literasi sains telah sesuai dengan desain serta materi yang mencakup di dalamnya telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil dari uji coba lapangan menunjukan buku saku IPA Terpadu berbasis literasi sains desainnya sangat menarik dan sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: buku saku, literasi sains, media pembelajaran, penelitian pengembangan


Full Text:

PDF

References


Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Noperi, Hendri. 2011. Pengembangan Komik Pembelajaran Fisika Berbasis Desain Grafis Materi Gerak SMP. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Nurbaeti, Isna.30 September 2009. Penggunaan Skenario Baru Asesmen Kinerja Dalam Menilai Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan. Diakses 16 November 2012 dari http://repository.upi.edu/

Sadiman, Arief S., Haryono, Anung, dan Rahadjito.2009. media pendidikan.PT RajaGrafindo. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.