PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI GAYA ANTARA TEKNIK PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MAKE A MATCH

Yulistina Yulistina, Undang Rosidin, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


Learning process should be concerned to the students and didn’t set a teacher as the only one students’ learning source. This research compared the mean difference of students’ physics among talking stick learning technique and make a match learning technique. The objective of this study were to investigate the mean difference of learning achievement among talking stick learning technique and make a match learning technique and to find the class which got the higher learning achievement among the implementation of talking stick learning technique and make a match. This reserach used experiment design as research design with one-shot case study type. The research showed that there is the mean difference of students’ learning achievement by using cooperative teaching learning model among talking stick learning technique and make a match learning technique.

Proses pembelajaran seharusnya berpusat pada siswa dan tidak lagi menempatkan guru sebagai satu-satunya sumber belajar siswa. Penelitian ini membandingkan hasil belajar fisika siswa antara teknik pembelajaran talking stick dengan make a match. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar antara teknik pembelajaran talking stick dengan teknik pembelajaran make a match dan mengetahui kelas mana yang memperoleh hasil belajar lebih tinggi antara penggunaan teknik pembelajaran talking stick dengan make a match. Penelitian ini menggunakan desain penelitian menggunakan bentuk Eksperimen Design dengan tipe One-Shot Case Study. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif antara teknik pembelajaran Talking Stick dengan teknik pembelajaran make a match.

Kata kunci: teknik pembelajaran talking stick, teknik pembelajaran make a match, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Curran, Lorna. 1994. Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match. Diakses 23 November 2012 dari http://prillygeography.blogspot.com/2012/04/model pembelajaran kooperatif make.html.

Dahar, Ratna Willis. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga. Djamarah, S.B dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eggen dan Kauchak. 1996. Pembelajaran Kooperatif Talking Stick. Diakses 25 November 2012 dari http://id.shvoong.com/social sciences/education/2156062 pengertian-metode-talking stick/#ixzz2DEhJ5oB9.

Gagne dan Briggs. 1979. Pengertian Belajar dan Pembelajaran. Diakses 25 November 2012 dari http://effendi dmth.blogspot.com/2012/09/pengertian-belajar-menurut-para ahli.html#.ULIO42dmCnA.

Lie. 2002. Pembelajaran Kooperatif Make A Match. Jakarta: Grasindo

___. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.