Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) pada Materi Fluida Dinamis

Eka Setiani, Feriansyah Sesunan, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


The aims of this research were to describe the validity, attractiveness, and convenience of student worksheet based on POE equipped with power point for Dynamic Fluid material. The research design refers to the research design by Sugiyono. The data in this study were obtained through observation, interview, questionnaire, and scale of the validity, attractiveness, and convenience of the product.  The results of validity test show that student worksheet is valid on the material aspects and very valid on the design aspect, so student worksheet can be used as an alternative media in learning Dynamic Fluid material. The product trial results show that product is excellent on attractiveness test and good on convenience test. Based on the research results, the development of the student worksheet based on POE for Dynamic Fluid materials has been valid, very interesting, and easy to use.


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kevalidan, kemenarikan, dan kemudahan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Predict-Observe-Explain (POE) yang dilengkapi media power point pada materi Fluida Dinamis. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada desain penelitian oleh Sugiyono. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan skala penilaian validitas, kemenarikan, dan kemudahan produk. Hasil uji validitas menunjukkan LKS yang dikembangkan valid pada aspek materi dan sangat valid pada aspek desain, sehingga LKS dapat digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran materi Fluida Dinamis. Hasil uji coba produk menunjukkan kualitas produk sangat baik pada uji kemenarikan dan baik pada uji kemudahan. Berdasarkan hasil penelitian, LKS berbasis Predict-Observe-Explain (POE) pada materi Fluida Dinamis yang dikembangkan telah valid, sangat menarik, dan mudah digunakan.

 

Kata kunci: LKS, POE, power point


Full Text:

PDF

References


Andriyatin, R., Rosidin, U., dan Suane, W. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Problem Based Learning Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (3), 46. (Online). Diakses pada http:// jurnal.fkip.unila.ac.id tanggal 15 Juli 2018 pukul 14:34 WIB.

Handhika, J. 2012. Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 110. (Online). Diakses pada http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii tanggal 7 Desember 2017 pukul 17:11 WIB.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum dan Pedoman Umum Pembelajaran. Diunduh pada http://atur/bsnp/ permendikbud81A/2013 tanggal 6 Desember 2017 pukul 20:12 WIB.

Lestari, I., Akman, dan Nurhayari. 2015. Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis POE dalam Pembelajaran IPA terhadap Kompetensi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan Universitas Padang, 6(1), 40. (Online). Diakses pada http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/1801 tanggal 26 Mei 2018 pukul 13:11 WIB.

Ningsih, F.A., Nyeneng, I. D. P., dan Suyanto, E. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bermuatan Karakter Materi Cahaya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1 (6), 74. (Online). Diakses pada https://media.neliti.com/media/publications/116170-ID-pengembangan-lembar-kerja-siswa-lks-berm.pdf tanggal 28 Juni 2018 pukul 20:07 WIB.

Nurhidayati, D., Sesunan, F., dan Wahyudi, I. 2017. Perbandingan Penggunaan LKS (Predict-Observe-Explain) dengan LKS Konvensional terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (2), 54. (Online). Diakses pada http://jurnal.fkip. unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/123530 tanggal 10 Juli 2018 pukul 17:08 WIB.

Nurliawaty, L., Mujasam, dan Yusuf, I. 2017. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Polya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6 (1), 79. (Online). Diakses pada http://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9183 tanggal 26 Mei 2018 pukul 13:44 WIB.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surahmadi, B. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Temanggung. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng dan Yogyakarta, 0853-0823, 7-8. (Online). Diakses pada http:// hfijateng.or.id/makalah/pengaruh-model-pembelajaran-poe-predict-observe-explain-ditinjau-dari-motivasi-belajar- tanggal 8 Desember 2017 pukul 19:27 WIB.

Susanti. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika melalui Pendekatan CTL untuk Meminimalisir Miskonsepsi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 2 (2), 136. (Online). Diakses pada https://journal.unesa.ac.id/ index.php/jpps/article/view/418. tanggal 8 Desember 2017 pukul 19:53 WIB.

Suyanto, E. dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja FisikaSiswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 978-979-18755-1-6, 7-11. (Online). Diakses pada https://www.researchgate.net/.../IMPROVEMENT-OF-ACTIVITIES-INTEREST-AND tanggal 10 Desember 2017 pukul 13:46 WIB.

Syawaludin, A., Jenny, I., dan Hadiyah. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Berbasis Model Predict, Observe, Explain (POE) di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 7 (1), 157. (Online). Diakses pada https://eprints.uns.ac.id/33995/ tanggal 8 Desember 2017 pukul 19:21 WIB.

Taradipa, R., Siswandari, dan Sumaryati, S. 2013. Pengaruh Kombinasi Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran UNS, 2 (1), 155. (Online). Diakses pada http:// jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view /2831 tanggal 26 Mei 2018 pukul 14:50 WIB.

Uno, H. 2009. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahyudin, S. A., dan Isa. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6 (1), 3. (Online). Diakses pada https://journal. unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/ 1105/1016tanggal 26 Mei 2018 pukul 11.23 WIB.

Yunita. 2014. Model Pembelajaran Prediksi, Observasi, dan Eksplanasi pada Pembelajaran Konsep Sel Volta. Jurnal Pengajaran MIPA, 19 (2), 147. (Online). Diakses pada http:// journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/466 tanggal 26 Mei 2018 pukul 14:54 WIB.

Yupani, E., Garminah, dan Mahadewi, P. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Materi Buatan Kearifan Lokal terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Universitas Ganesha, 2 (1), 143. (Online). Diakses pada http://ejournal. undiksha.ac.id/ tanggal 26 Mei 2018 pukul 14:54 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Unila