Pengembangan Buku Elektronik Inti Atom Sebagai Bahan Ajar Mandiri untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
This study aims to develop an interactive electronic school book based on the Learning Content Development System (LCDS). The material developed is the atomic nucleus. This research method is research and development. Stages in this development include identification of potentials and problems, collecting the information, design product, design validation, design improvements, and product trials. Interactive electronic school books have supporting content ie, user manual, study manual, video, animation, simulations, and interactive tests. Experimental product test results consisting of a design expert test with a score of 3.55 (very appropriate) and a test of material experts with a score of 3.50 (very appropriate). Readability and ease of operation electronic school book interactive atomic nucleus based LCDS are very well developed with scores of 3.62 and 3.70. That means an interactive electronic school book of atomic nucleus can be operated independently.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku sekolah elektronik interaktif (BSEI) berbasis Learning Content Development System (LCDS). Materi yang dikembangkan yaitu inti atom. Metode penelitian ini yaitu research and development. Tahapan dalam pengembangan ini meliputi identifikasi potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, dan uji coba produk. Buku Sekolah Elektronik Interaktif memiliki konten penunjang yaitu, petunjuk penggunaan, petunjuk belajar, video, animasi, simulasi, dan tes interaktif. Hasil uji ahli produk yang terdiri dari uji ahli desain dengan skor 3,55 (sangat layak) dan uji ahli materi dengan skor 3,50 (sangat layak). Keterbacaan dan kemudahan dioperasikan buku sekolah elektronik interaktif Inti Atom berbasis LCDS yang dikembangkan sangat baik dengan skor 3,62 dan 3,70. Hal tersebut berarti buku sekolah elektronik interatif inti atom dapat dioperasikan secara mandiri.
Kata kunci:
bahan ajar mandiri, Berpikir Kritis, buku sekolah elekronik (bse), interaktif, lcds.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, D., Sutyatna, A., dan Sesunan, F. 2017. Studi Perbandingan Hasil Belajar Fisika Antara Penggunaan Gambar Bergerak Dengan Gambar Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (1). 83-95.
Bunyamin, H., dan Amanah. 2015. Penggunaan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon. Jurnal Al Ibtida. 2 (2). 1-17.
Busyaeri, A., Udin, T., dan Zaenuddin, A. 2016. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di Min Kroya Cirebon. Jurnal Al Ibtida. 3. 116-137.
Darlen, R.F., Sjarkawi., dan Lukman, A. 2015. Pengembangan E-book Interaktif untuk Pembelajaran Fisika SMP. Universitas Jambi. Tekno-Pedagogi. 5 (1). 13-23.
Hadi, W. S., dan Dwijananti, P. 2015. Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android Sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas untuk Sekolah Menengah Atas. Universitas Negeri Semarang, Indonesia. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 4 (2). 16-24.
Hamid, M.A., Nyeneng, I.D.P., dan Rosidin, U. 2013. Perbandingan Penggunaan Feedback pada Lembar Jawaban Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(5). 79-87.
Hayati, S., Budi, A.S., dan Handoko, E. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika, E-Journal SNF. 49-54.
Husein, S., Herayanti, L., dan Gunawan. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1 (3). 221-225.
Kelly, R. M., dan Jones, L. L. 2007. Exploring how different features of animations of sodium chloride dissolution affect students’ explanations. Journal of Science Education and Technology. 16 (4). 413-429.
Parush, A., Hamm, H., dan Shtub, A. 2002. Learning Histories in Simulation-Based Teaching: The Effects on Self-Learning and Transfer. Journal Computers & Education. 39. 319–332.
Rosida, N. F., dan Jalmo, T. 2017. Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-book Interaktif dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (1). 35-45.
Suyanto, E., dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa Dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.
Setyowati, A., dan Subali, M.B. 2011. Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN: 1693-1246. 89-96.
Suarsana, I.M dan Mahayukti, G.A. 2013. Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2 (2). 264-275.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sundari, A., Suyatna, A., dan Sesunan, F. 2015. Pengembangan Kuis Interaktif Tipe Multiple Respone untuk Melatih Kemampuan Eksplorasi Fenomena Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika. 3 (1). 69-78.
Susilo, A. B. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal unnes. 1 (1). 57-63.
Suyatna, A., Anggraini, D., Agustina, D., dan Widyastuti, D. 2017. The Role of Visual Representation in Physics Learning: Dynamic Versus Static Visualization. Journal of Physics: Conference Series. 909 (1). 1-6.
Wiyanto, A. Sopyan., Nugroho., dan Wibowo, S. W. A. 2007. Potret Pembelajaran Sains di SMP dan SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 40 (2). 63-66.
Wulandari, S.R., Suyanto, E., dan Suana, W. 2016. Modul Interaktif dengan Learning Content Development System Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4, (2). 23-34.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.