Pengembangan BSEI Efek Fotolistrik Sebagai Bahan Ajar Mandiri untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Mursidi Mursidi, Agus Suyatna, Eko Suyanto

Abstract


This research is aimed to develop Interactive Electronic School Book (BSEI) based on Learning Content Develop System (LCDS) on Photoelectric Material as an independent teaching material to foster critical thinking ability to students who can be easily operated and have good legibility. The research method used is research and development or development research. The research design used in this development refers to Borg & Gall. Stages used in this development procedure is the stage of data collection, planning, product development, validation, and testing. The results of this study indicate that BSEI in the developed photoelectric effect material has been validated. Based on the one-on-one test BSEI get score 3.75 with very easy quality and has excellent legibility quality by getting score 3.85.


Penelitian ini bertujuan mengembangkan Buku Sekolah Elektronik Interaktif (BSEI) berbasis Learning Content Develop System (LCDS) pada materi Efek Fotolistrik sebagai bahan ajar mandiri untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada siswa yang dapat mudah dioperasikan dan memiliki keterbacaan yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah reseach and development atau penelitian pengembangan. Desain penelitian yang digunakan pada pengembangkan ini mengacu pada Borg & Gall. Tahapan yang digunakan dalam prosedur pengembangan ini adalah tahap pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, tahap validasi, dan uji coba. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BSEI pada materi Efek Fotolistrik yang dikembangkan sudah tervalidasi. Berdasarkan uji satu lawan satu BSEI mendapatkan skor 3,75 dengan kualitas sangat mudah dan memiliki kualitas keterbacaan sangat baik dengan mendapatkan skor 3,85.

Kata kunci: bsei, efek fotolistrik, penelitian pengembangan.



Full Text:

PDF

References


Agustina, D., Suyatna, D., dan Suyanto, E. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Bergerak Dengan Gambar Diam. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 25-34.

Anggraini, D., Suyatna, A., dan Sesunan, F. 2017. Studi Perbandingan Hasil Belajar Fisika Antara Penggunaan Gambar Bergerak dengan Gambar Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (1) 92-93.

Aprilia, T., Sunardi, & Djono. (2017). Pemanfaatan Media Buku Digital berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 195–206.

Cengiz, T. 2010. The Effect of the Virtual Laboratory on Students's Achievement and Attitude in Chemistry. Internasional Online Jurnal of Educational Sciences, 2 (1). 37-53.

Dwijananti, P., & Yulianti, D. 2010. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Indtruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 108–114.

Gunawan, Agus Setiawan dan Dwi H. Widyantoro. 2013. Model Virtual Laboratory Fisika Modern Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 20(1), 25-32.

Hasanah, N., Winarto, H., dan Hartono, D. 2016 Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Elastisitas Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Fisika. 130-139.

Imamah, N. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII 1(1), 32-36.

Ismawati, D. A. dan Danang Tandyonomanu. 2016. Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Sub Pokok Vahasa Hubungan Antar Sudut Kelas VII SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal mahasiswa teknologi pendidikan, 10 (1), 1-14.

OECD. 2010. Draft PISA 2012 Assessment Framework. (Online). Tersedia: http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf. Diakses 31 Oktober 2017.

Rosana, L. N. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Pendidikan Sejarah, 3 (1), 34–44.

Setiawan, A., Suyatna, A., dan Abdurrahman. 2016. Pengembangan Simulasi Praktikum Efek Fotolistrik Dengan Pendekatan Inkuiri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (1), 47-56.

Suhandi, Andi, Parulian Sinaga, Ida Kaniawati, dan Endi Suhendi. (2009). Efektivitas Penggunaan Media Simulasi Virtual Pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Meminimalkan Miskonsepsi. Jurnal Pengajaran MIPA. 13(1), 20-23.

Suyanto, E dan Sartinem. (2009). Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa Dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka Dan Keterampilan Proses Untuk SMA N 3 Bandar Lampung. Proseding Seminar Nasional Pendidikan.

Suyatna, A., Anggraini, D., Agustina, D., dan Widyastuti, D. 2017. The Rol of Visual Representation in Physics Learning: Dynamic Versus Statis Visualization. Journal of Physics Conferences Series, 909 (1), 1-7.

Swandi, Ahmad, Siti Nurul Hidayah.LJ, dan Irsan. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia. 18(52), 34-36.

Syahbana, A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica, 2 (2), 17–26.

Wulandari, S. R., Suyanto, E., dan Suana, W. (2016). Modul Interaktif Dengan Learning Development System Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(2), 22-34.

Yusmiari, N. N., Agung, A. A. G., & Suwatra, I. W. 2017. Pengembangan Buku Pintar Elektronik (BPE) Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Mata Pelajaran IPA Semester Genap. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1-13.

Zakaria, Ahmad. 2014. Perbandingan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Antara Yang Mendapatkan Pembelajaran Dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif Piaget Dan Hasweh. (Online), http://aresearch.upi.edu/operator/upload/s_mtk_0706705_chapter1.pdf diakses pada tanggal 31 Oktober 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Unila