PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG SAINTIS DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA
Abstract
This research aims to know about student’s perceptions affect about scientists toward physics understanding, student’s scientific attitude toward physics understanding and student’s perception about scientists and scientific attitude toward physics understanding. Design of this research by one shot case study. The result of study shows that: there is any student’s perception affect about scientists toward physics understanding, there are any student’s scientific attitude toward physics understanding and there are any student’s perception about scientist and scientific attitude toward physics understanding.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh persepsi siswa tentang saintis terhadap hasil belajar fisika, pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar fisika dan pengaruh persepsi siswa tentang saintis dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika. Desain penelitian ini menggunakan one shot case study. Hasil penelitian yaitu: terdapat pengaruh persepsi siswa tentang saintis terhadap hasil belajar fisika , terdapat pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar fisika dan terdapat pengaruh persepsi siswa tentang saintis dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika.
Kata kunci: persepsi siswa, sikap ilmiah, hasil belajar, model learning cycle 5E.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2006. Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas
Fauziah, Uzi. 2009. Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Prestasi Belajara dan Mengetahui Profil Kemampuan Psikomotor serta Berpikir Kritis Siswa.Skripsi. [online]. Tersedia: http:// repository. upi. edu/skripsiview.php?no_skrip. Diunduh pada tanggal 23 Agustus 2011
Ghandiswari. 2009. Persepsi Pelajar Terhadap Saintis dan Kefahaman Pelajar dalam Sains. [online].Tersedia: http://GHANDISARIAP O50057D2009TTP-1.pdf. Diundu pada tanggal 7 Januari 2013
Hakim, Ly.2011. Learning Theory and Models. [online]. Tersedia: http://learningmodels.blogspot.com/2011/04/teknik-pick-up-cards-game.html. Diunduh pada tanggal 24 November 2012
Mabsuthoh, Ngatiatul. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Konsep MassaJenis. Skripsi. [online]. Tersedia: http://98436ngatiatulmabsuthoh-fitk.pdf. Diunduh pada tanggal 5 Mei 2013
Nabbeh, Istiaqul. 2011. Sikap Ilmiah. [online]. Tersedia: http://98436-makalah-laporan-ilmiah-sikap-ilmiah.html. Diunduh pada tanggal 18 November 2012
Narayan, Chhaya. 2011. Year 8 Student Perceptions of Science and Scientists. New Zealand: University of Waikato
Sardiman, A. M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Remaja
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.