PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG SAINTIS DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Lidya Fransiska, Undang Rosidin, Abdurrahman -

Abstract


This research aims to know about student’s perceptions affect about scientists toward physics understanding, student’s scientific attitude toward physics understanding and student’s perception about scientists and scientific attitude toward physics understanding. Design of this research by one shot case study. The result of study shows that: there is any student’s perception affect about scientists toward physics understanding, there are any student’s scientific attitude toward physics understanding and there are any student’s perception about scientist and scientific attitude toward physics understanding.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh persepsi siswa tentang saintis terhadap hasil belajar fisika, pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar fisika dan pengaruh persepsi siswa tentang saintis dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika. Desain penelitian ini menggunakan one shot case study. Hasil penelitian yaitu: terdapat pengaruh persepsi siswa tentang saintis terhadap hasil belajar fisika , terdapat pengaruh sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar fisika dan terdapat pengaruh persepsi siswa tentang saintis dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika.

Kata kunci: persepsi siswa, sikap ilmiah, hasil belajar, model learning cycle 5E.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas

Fauziah, Uzi. 2009. Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Prestasi Belajara dan Mengetahui Profil Kemampuan Psikomotor serta Berpikir Kritis Siswa.Skripsi. [online]. Tersedia: http:// repository. upi. edu/skripsiview.php?no_skrip. Diunduh pada tanggal 23 Agustus 2011

Ghandiswari. 2009. Persepsi Pelajar Terhadap Saintis dan Kefahaman Pelajar dalam Sains. [online].Tersedia: http://GHANDISARIAP O50057D2009TTP-1.pdf. Diundu pada tanggal 7 Januari 2013

Hakim, Ly.2011. Learning Theory and Models. [online]. Tersedia: http://learningmodels.blogspot.com/2011/04/teknik-pick-up-cards-game.html. Diunduh pada tanggal 24 November 2012

Mabsuthoh, Ngatiatul. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Konsep MassaJenis. Skripsi. [online]. Tersedia: http://98436ngatiatulmabsuthoh-fitk.pdf. Diunduh pada tanggal 5 Mei 2013

Nabbeh, Istiaqul. 2011. Sikap Ilmiah. [online]. Tersedia: http://98436-makalah-laporan-ilmiah-sikap-ilmiah.html. Diunduh pada tanggal 18 November 2012

Narayan, Chhaya. 2011. Year 8 Student Perceptions of Science and Scientists. New Zealand: University of Waikato

Sardiman, A. M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Remaja


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.