Dampak Blended Learning Pada Materi Fluida Dinamis Terhadap Hasil Belajar Siswa

Tarissa Niswatun Aunillah, I Wayan Distrik, Wayan Suana

Abstract


This study aims to describe the effect of blended learning on dynamic fluid topic to student learning achievement. This research was conducted at one of Senior High School in Bandar Lampung with the Quasi-Experimental design pretest-posttest control group. Data were tested using N-Gain analysis, normality test, homogeneity test and Independent Sample T-Test. Results from the Independent Sample T-Test Sig value. (2-Tailed) less than 0.05 is 0.000, then it can be stated there is a differences on increasing of student learning achievement who learned using Learning Management System (LMS) based blended learning device with scientific approach and students who learned using expository method. LMS based blended learning device with scientific approach on dynamic fluid topic can improve student learning achievement in the cognitive domain with N-Gain in the experimental class of 0.72 (high category),  while the control class is 0.49 (medium category).

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas blended learning pada materi fluida dinamis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di Bandarlampung dengan menggunakan desain penelitian Quasi Experimental pretest-posstest control group design. Data hasil penelitian diuji dengan analisis N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan independent sample t-test. Hasil uji nilai independent sample t-test nilai Sig. (2-Tailed) kurang  dari 0,05 yaitu 0,000, maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan blended learning berbasis Learning Management System (LMS) dengan pendekatan ilmiah dan siswa yang belajar menggunakan metode  ceramah. Blended learning berbasis LMS dengan pendekatan ilmiah pada materi fluida dinamis mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi, dan rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,49 dengan kategori sedang. 

Kata kunci: Blended Learning, Fluida Dinamis, Hasil Belajar



Full Text:

PDF

References


Amiroh. 2013. Antara Schoology, Moddle dan Edmodo. [Online] tersedia di http://amiroh.web.id/antara-moodle-edmodo-dan schoology/. Diakses pada tanggal 30 September 2017.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2001. A Taxonomy for Learning,

Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Ausburn, L. J. 2004. Course Design Elements Most Valued By Adult Learners In Blended Online Educaton Environments: An American Perspective. Educational Media International, 41 (4), 327-337.

Aspden, L., & Helm, P. (2004). Making the connection in a blended learning environment. Educational Media International, 41 (3), 245-252.

Carman, J. M. 2005. Blended Learning Design: Five Key Ingredients. [Online] tersedia di http://agilantlearning.com/pdfBlendedLearningDesign.pdf. Diakses pada tanggal 1 Oktober 2017.

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Invotec, 9 (2), 165-178.

Fitriyadi, H. 2013. Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21 (3), 269-284.

Hasanah, N., Suyanto, E., & Suana, W. 2016. E-Learning dengan Schoology sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (2), 71-81.

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta:Prestasi Pustaka.

Irawan, F., & Hasanah, R. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Kalor Dan Perubahan Wujud Zat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 15 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3 (3), 86-90.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. N. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1), 1-12.

Mosa, E. 2006. Puntoedu: A Blended E-Learning Model. Current Developments in Technology-Asisted Education, 6 (4), 1744-1749.

Meyer, K. A. 2007. Student perceptions of face to face and online discussions: The advantage goes to ... Journal of Asynchronous Learning Networks, 11 (4), 53-69.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nurhayati, V., Suyanto, E., & Suana, W. 2018. Desain Perangkat Blended Learning Berbantuan Learning Management System Pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 6 (1), 21-33.

Poon, J. 2013. Blended learning: An institutional ap¬proach for enhancing students’ learning expe¬riences. Journal of online learning and teaching, 9 (2), 271-289.

Purnomo, A., Rahmawati, N., & Aristin, N. F. 2016. Pengembangan Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 1 (1), 70-76.

Sjukur, S. B. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (3), 368-378.

Suana, W., Maharta, N., & Nyeneng, I. D. P., & Wahyuni, S. 2017.

Design And Implementation Of Schoology-Based Blended Learning Media For Basic Physics I Course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6 (1), 170-178.

Suryani, N. & Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Thaib, D., Wahyudin, D., Rahmawati, Y., & Riyana, C. 2016. Studi Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan Model Blended Learning Pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan. Jurnal Pendidikan Dasar, 8 (2), 107-125.

Zaka, P. 2013. A Case Study Of Blended Teaching And Learning In A New Zealand Secondary School, Using An Ecological Framework. Journal Of Open, Flexible And Distance Learning, 17 (1), 24-40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.