Pengaruh Pengunaan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Hukum Gravitasi Newton Terhadap Hasil Belajar Siswa

Siti Mardian Rahayu, Chandra Ertikanto, Ismu Wahyudi

Abstract


 The purpose of this research is to know how the influence of the use of Multi-representation based contextual learning module on Gravity Newton Law study on student learning outcomes in SMA Negeri 1 Padang Cermin. This research was conducted in SMA Negeri 1 Padang Cermin with Pretest-Posttest Control Group Design. The data analysis technique of student learning result using the  N-gain score and hypothesis test using Independent T-Test test. Sig value. (2-tailed) by 0.000 <0.05. The results of this study indicate that the use of Multi-representation based contextual module has a significant improvement on student learning outcomes, this is indicated by the difference in the average value of N-gain in the control class of 0.35 with the low category and the average value of N-gain on experimental class 0.64 with a moderate category.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan modul konstektual berbasis multirepresentasi pada pembelajaran Hukum Gravitasi Newton terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padang Cermin. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Padang Cermin dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent T-Test. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul konstektual berbasis multirepresentasi memiliki peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan  rata-rata nilai N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,35 dengan katagori rendah dan rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,64 dengan katagori sedang.

Kata kunci: Hasil Belajar Saiswa, Hukum Gravitasi Newton, Modul Kontektual berbasis Multirepresentasi, 



Full Text:

PDF

References


Abdurahman., Liliasari., Rusli A., & Waldrip B. 2011. Implementasi Pembelajaran berbasis Multi Representasi untuk peningkatan Penguasaan Konsep Fisika .(Online). Kuantum. Cakrawala Pendidikan.Volume 1, No 1. 30-34.Tersedia di (https:// jurnal .uny.ac.id/ indeks.phtp/ cp/ article/ iew/4189/pdf.), diakses pada tanggal 1 November 2017

Ardi, Nyeneng, P. D. I., Ertikanto C. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. (Online) Jurnla Pembelajaran Fisika Volum 3, No 3 : 64-65. Tersedia di (http:// jurnal. fkip. unila. ac.id/ index .php/JPF/article/view/8571/5305.) diakses pada 12 Mei 2018

Asfiah, Nailin, & Monsik. 2013 Pen-gembangan Modul Konstektual IPA Terpadu Pada Tema Bunyi. (Online). Unnes Science Edu-cation Jurnal. Volume 2, No. 1, 188-195. Tersedia di (http/ /journal. unnes.ac.id /artikel_sju/ usej/1822), diakses pada 13 November 2017.

Ertikanto, C., RosidinU., Distrik I.W., Yuberti, & Rahayu T. 2018. Comparison of Mathematical Representation Skill and Science Learning Resuk in Classes with Problem-Based and Discovery Learning Model. (Online), Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume 7, No 2. 106-113. Tersedia di (http://jurnal .unnes.ac .id/nju /index. php/jpii article /view9512/7630), diakses pada 15 April 2018.

Depdiknas. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Fatmala, N.T., Nyeneng, P. D. I., & Suane, W. 2017. Pengembangan modul pembelajaran kontekstual berbasis multirepresentasi pada materi hukum Newton tentang gravitasi. (Online), Jurnal Pen-didikan Fisika Volume 5, No 4 : 21–23 Tersedia di (http// jurnal. fkip.unila.ac.id /index. php/ JPF/ article/view/13141), Diakses pada 14 september 2017.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Jaya, 2012. Pengembangan Modul Fisika Konstektul untuk Me-ningkatkan Hasil Belajar Peserta didik kelas X Semester 2 di SMK Negeri 3 Singaraja. . (Online), Jurnal Teknologi Pem-belajaran. Volume 1, No2: 2-5. Tersedia di (http:// www. neliti. com/ publ ication/207153), diakses pada tanggal 22 Januari 2018.

Lestari, D.A. 2017. Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Lear-ning Type Course Review Horay Terhadap Perestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Mar-ga Agung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2006 /2007. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Volume 1, No 1 22-23. Tersedia di (http: //jurnal. fkip. unila.ac. id/ indekx.php/JPF /articele/download/12850/9171), diakses pada 15 April 2018

Mahardika, I. K. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep untuk Me-ningkatkan Kemampuan Rep-resentasi Verbal, Matematik, dan Gambar Fisika Siswa Kelas VIII-A MTs N 1 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. (Online), Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 2, No 3: 272-277. Tersedia di (http:// unej. ac.id/ handle/ 123456 789/4290), siakses pada 12 November 2017.

Parmin.,& Peniati E. 2012 Pe-ngembangan Modul Matakuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pem-belajaran. (Online), Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volu-me1, No 1. 1-8. Tersedia di (http://www. gogle.co.id/ media .neliti.com /121261-ID pen-gembangan-modul-mata-kuliah-strategi.pdf), diakses pada 21 Januari 2018.

Pratiwi, R.I., Nyeneng, P. D. I., Wahyudi I. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multipe Representations pada Materi Fluida Statis. (Online), Jurnal Pendidikan Fisika Volume 5, No. 3 :69-79. Tersedia di (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/12850/9171) diakses pada 12 Mei 2018.

Sabirin, M. 2014. Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Anta-sari. 1 (2): 33-34. (Online), Tersedia di (http:/ media. neliti. Com /media /publication/ 121 557-ID-representasidalampembelajaran-matematik),diakses pada 21 Januari 2018.

Said, Gigih, A.,& Jafar. 2015. Pengunaan Modul Berbasis Konstektual Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Hukum Newton Kelas VII MTS Madani Alauddin Paopao. (Online), Jurnal Pen-didikan Fisika.Volume 3, No 2 143-148. Tersedia di (http:/ /journal- alauddin.ac.id/ indeks .php/pendidikanfisika), diiakses pada 22 Januari 2018.

Sujanem, Rai., Suwindra, Putu, I.N., dan Tika, Ketut I. 2009. Pe-ngembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Pe-mahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA di Singaraja. (Online), Jurnal Pen-didikan dan Pengajaran Uni-versitas Pendidikan Ganesha Volume 42,No.2 97-104. Tersedia di (http// pti.undiksha.ac.id), diakses pada 4 November 2017.

Sutari, Tri Aisyah. 2014. Pengaruh Penggunaan Multirepresentasi terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 5 Banda Aceh tahun Ajaran 2013/2014. (Online), Jurnal Fisika Edukasi, Volume1, No 1, 1-11. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala. Warsita, Bambang. 2008. Teknologi. Tersedia di (http/ /etd. Unsyiah .ac.id/ index.php?p= show_detail &id=11990), diakses pada 12 November 2017.

Wangi,S.R., Winarti E.R., Kharis M. 2015. Penerapan Model Pem-belajaran CTL dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Ke-disiplinan Siswa pada Materi Geometri. (Online), Unnes Jurnal of Matehematics Education. Volume 4, No 3. 1-7. Tersedia di (http:/ /l ib.unnes. ac.id/ 22 295/ 1/ 4101 411187-s.pdf). diakses pada 21 Januari 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.