Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Hukum Gravitasi Newton Terhadap Pemahaman Konsep Siswa

Adila Ayu Verlina, Chandra Ertikanto, Ismu Wahyudi

Abstract


This study aims to describe the effect of the use of multi-representation contextual module on learning Gravity Newton Law on understanding the concept of students. This research was conducted at SMAN 14 Bandar Lampung with Quassy Experimental design type pretest-posttest control group design. The result of N-gain test that has been done shows that the average of N-gain from the class using multi-representation contextual module is higher that is 0,75 with a high category. Hypothesis test results obtained that there is a difference in understanding the understanding of physics concepts among students who learn to use a multi-representative-based contextual module with the use of school print books. To measure of understanding of the concept of a student using Certainty of Response Index (CRI.) The value of students concept understanding is shown by the more dominant students understand the concept with 64.66% percentage, guess 14,10%, misconception 7,14%, and do not understand concept 14,10%.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul kontekstual berbasis multirepresentasi pada pembelajaran Hukum Gravitasi Newton terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 14 Bandar Lampung dengan desain Quassy Experimental jenis pretest-posstest control grup design. Hasil uji N-gain yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata N-gain dari kelas yang menggunakan modul kontekstual berbasis multirepresentasi lebih tinggi, yaitu 0,75 dengan kategori tinggi. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar menggunakan modul kontekstual berbasis multirepresentatif dengan yang menggunakan buku cetak sekolah. Untuk mengukur pemahaman konsep siswa menggunakan metode Certainty of Respone Index (CRI). Nilai pemahaman konsep siswa ditunjukkan dengan siswa lebih dominan paham konsep dengan persentase 64,66%, menebak 14,10%, miskonsepsi 7,14%, dan tidak paham konsep 14,10%. 

Kata Kunci: Modul Kontekstual, Multirepresentasi, Pemahaman Konsep Fisika



Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Apriliyawati, & Payudi. 2008. Limitation of Representation Mode in Learning Gravitational Concept and Its Influence Toward student Skill Problem Solving. Proceeding Of The 2 nd International Seminar on Science Education. PHY–31: 373-377.

Abdurrahman, Liliasari, A. R., & Waldrip, B. 2011. Implementasi Pembelajaran Berbasis Multi Representasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Cakrwala Pendidikan. 2 (3): 159-165.

Ardi, A., Nyeneng, I. D. P., & Ertikanto, C. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuri Terbimbing pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika. 3 (3): 6465.

Asfiah, N., Mosik, & Purwantoyo, E. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Kontekstual pada Tema Bunyi. Unnes Science Education Journal. 2 (1): 188-195.

Bukhori, M. A. F. 2013. Pembelajaran Fisika dengan CTL Melalui Pengalaman Empiris: Kasus Perbedaan Pemahaman Konsep Gerak Melingkar Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Magelang, Jawa Tengah. Jurnal Berkala Fisika Indonesia. 5 (1): 7-9.

Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hakim, A., Liliasari, Kadarohman, A. 2012. Student Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolies Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Education Sciences. 4 (3): 545-546.

Hasibuan, M. I. 2014. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains. 2 (1): 2-3.

Lubis, M. I. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Listening Team Terhadap Pemahaman Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuantan Singingi. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. 17 (2): 266-267.

Lusiana, N., Kurniawati, L., & Mulyanto, A.B. 2015. Analisis Miskonsepsi Siswa Pokok Bahasan Momentum dan Impuls di Kelas XII IPA 4 SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016.

Mauke, M., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. 2013. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTS Negeri Negara. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1): 2-4.

Pohan, J. E., Atmazaki, Agiustina. 2014. Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Menulis Resensi di Kelas IX SMP 7 Padang Bolak. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. 2 (2): 1-11.

Pratama, D. R., Widiyatmoko, A., & Wusqo, I. U. 2016. Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berpendekatan SETS terhadap Hasil Belajar dan Kemandirian Peserta Didik Kelas VII SMP. Unnes Science Education Journal. 5 (3): 1366-1376.

Said, G. A., & Jafar, A. F. 2015. Penggunaan Modul Berbasis Kontekstual terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik pada Pokok Bahasan Hukum Newton Kelas VII MTS Madani Alauddin Paopao. Jurnal Pendidikan Fisika. 3 (2): 143-148.

Setiyawan, D., Indrowati, M., & Nurmiyati. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran Discovery Berbantu Peta Konsep dan Model Pembelajaran Discovery terhadap Pemahaman Konsep Materi Protista Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan. 5 (1): 51-52.

Sinambela, P. N. J. M. 2013. Kurikulum 2013 dan Implementasi dalam Pembelajaran. Jurnal Unimed Generasi Kampus. 6 (2): 17-29.

Suhandi, A. dan Wibowo, F.C. 2012. Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran UsahaEnergi dan Dampak terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 8 (1): 1-2.

Sunyono. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: AURA Publishing.

Utami, R. U., Rosidin, U., & Wahyudi, I. 2017. Pengaruh Penggunaan Elearning dengan Schoology Materi Gravitasi Newton terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (2): 81-91.

Waldrip, B. W., Prain, V., & Carolan, J. 2007. Learning Junior Secondary Science Through Multi-Modal Representations. Electronic Journal of Science Education (SouthwesternUniversity). 11 (1): 86-105.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.