Pengembangan LKPD Berbasis POE untuk Pembelajaran Fisika Materi Momentum dan Impuls SMA
Abstract
Learning model supported by good learning media is needed to improve the effectiveness of momentum and impulse learning material. The aim of this research were to develop student worksheet based on POE for high school impulse and momentum material that are validated. This study uses the ADDIE development model, which starts with need analysis, then designs develop and validation tests and implementation to find out the attractiveness, easiness, usefulness, and effectiveness of the product. The results show that student worksheet validated (89,11), very interesting (3,40), very easy to use (3,28), useful (3,10) and proven effective use in the learning shown by 82,75% of student reached the standard of minimum score.
Model pembelajaran yang didukung dengan media pembelajaran yang baik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis POE untuk pembelajaran fisika materi momentum dan impuls SMA yang tervalidasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang dimulai dengan menganalisis kebutuhan dan kurikulum, kemudian membuat desain LKPD, mengembangkan, melakukan uji validasi, dan melakukan uji coba pemakaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah tervalidasi (89,11), sangat menarik (3,40), sangat mudah digunakan (3,28), bermanfaat (3,10) dan terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan 82,75 % siswa telah mencapai KKM.
Kata kunci: ADDIE, LKPD, momentum dan impuls, pengembangan, POE.
Full Text:
PDFReferences
Andriyatin R., Rosidin, U., & Suana, W. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Problem Based Learning Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3): 39-50. (Online) tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada tanggal 3 Mei 2018
Anisa, D. N., Masykuri, M., & Yamtinah, S. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, And Explanation) dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam, Basa dan Garam Kelas VII Semester 1 SMPN 1 Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2): 16-23. (Online) tersedia di http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id. Diakses pada tanggal 20 Desember 2017.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Liew, C. W., & Treagust, D. 2004. The Effectiveness Predict – Observe – Explain (POE) Technique in Diagnosing Student’s Understanding of Science and Identifying Their Level of Achievement. Australian Science Teachers’ Journal, 41(1): 68-78. [Online] tersedia di https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED420715.pdf. Diakses pada tanggal 10 November 2017
Mayasari, H., Syamsurizal, & Maison. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Karakter melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida Statik untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Edu-Sains, 4(2): 30-36. (Online) tersedia di https://online-journal.unja.ac.id. Diakses pada tanggal 2 November 2017.
Nur, A. S., & Rahman, A. 2013. Pemecahan Masalah Matematika sebagai Sarana Mengembangkan Penalaran Formal Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sainsmat, 2(1): 84-92. (Online) tersedia di ojs.unm.ac.id. Diakses pada tanggal 10 November 2017
Nurhidayati, D., Sesunan, F., & Wahyudi, I. 2017. Perbandingan Penggunaan LKS (Predict-Observe-Explain) Dengan LKS Konvensional Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2): 45-56. (Online) tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id/. Diakses pada tanggal 27 April 2018
Rahayu, S., Widodo, A. T., & Sudarmin. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model POE Berbantuan Media “I Am a Scientist”. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2(1): 128–133. (Online) tersedia di https://jurnal.uns.ac.id. Diakses pada tanggal 10 November 2017
Retnosari, G., Maharta, N., & Ertikanto, C. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3): 97-107. (Online) tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada tanggal 20 April 2018.
Restami, M. P., Suma, K., & Pujani, M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1): 1-10. (Online) tersedia di http://pasca.undiksha.ac.id. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2017
Riasti, M. F., Suyatna, A., & Wahyudi, I. 2016. Pengembangan Media Interaktif Model Tutorial pada Materi Momentum dan impuls. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(1): 81-91. (Online) tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada tanggal 10 November 2017
Rohaeti, E. E. 2010. Critical and Creative Mathematical Thinking of Junior High School Students. Jurnal Educationist, 4(2): 99-106. (Online) tersedia di http://file.upi.edu. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2017
Sari, B. K. 2017. Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Desain Pembelajaran Di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan”. ISBN 978-602-70216-2-4. (Online) tersedia di http://eprints.umsida.ac.id. Diakses pada tanggal 2 Mei 2018.
Sihaloho, Y. E. M., Suana, W., & Suyatna, A. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Momentum dan impuls. Jurnal Edu Mat Sains, 2(1): 55-71. (Online) tersedia di journal.uki.ac.id. Diakses pada tanggal 27 April 2018
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: theory, research and practice. London: Allymand Bacon.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suyanto, E., & Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. ISBN 978-979-18755-1-6. Bandar Lampung: Unila.
Warsono & Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif: Teori dan Assesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA. (Online) tersedia di . staff.uny.ac.id. Diakses pada tanggal 2 November 2017.
Zakaria, A. A. W., Abdurrahman, & Nyeneng, I. D. P. 2017. Pengembangan LKPD Berorientasi Scientific Literacy untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Optik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(5): 57-66. (Online) tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada tanggal 27 April 2018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.