Pengembangan Buku Sekolah Elektronik Interaktif Berbasis LCDS Pada Materi Teori Relativitas Khusus Sebagai Bahan Ajar Mandiri Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa

Mahkota Mahkota, Agus Suyatna, Eko Suyanto, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


This research aimed to develop valid interactive electronic school book using LCDS on special theory of relativity as self instructional for foster student’s critical thinking, to know readability and the ease of operating interactive electronic school book. The method used are research and development. The implementation of procedures adopted from Borg & Gall design which consisted of 5 steps that were need assessment, developing preliminary form of product, expert validation, revision, and one-on-one test. Interactive electronic school book has been validated the material test with the score 3,31 (very appropriate) and the design test with the score 3,57 (very appropriate). Based on one-on-one test of interactive electronic school book shows the average score of the ease of operating aspect is 3,33 with very easy to operate as independent instructional and for readability aspect is 3,23 with very good quality.


Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Buku Sekolah Elektronik Interaktif berbasis LCDS pada materi teori relativitas khusus yang valid sebagai bahan ajar mandiri untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada siswa serta mengetahui keterbacaan dan kemudahan dioperasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah reseach and development atau penelitian pengembangan. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada 5 tahapan Borg & Gall yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi dan uji satu lawan satu. Buku Sekolah Elektronik (BSE) interaktif ini telah tervalidasi uji materi dengan skor rata-rata 3,31 (sangat sesuai) dan validasi desain dengan memporeleh skor rata-rata 3,57 (sangat sesuai). Berdasarkan uji satu lawan satu BSE interaktif dapat diketahui bahwa pada aspek kemudahan dioperasikan mendapatkan skor rata-rata 3,33 dengan kualitas sangat mudah dioperasikan sebagai bahan ajar mandiri dan memiliki kualitas keterbacaan sangat baik dengan mendapatkan skor 3,23.

 

Kata Kunci: Buku Sekolah Elektronik Interaktif, Bahan Ajar Mandiri, Berpikir Kritis

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpf.v6.n1.201803

 

 


Full Text:

PDF

References


Agustina, D., Suyatna, D., dan Suyanto, E. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Bergerak Dengan Gambar Diam. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 25-34.

Anggraini, D., Suyatna, A., dan Sesunan, F. 2017. Studi Perbandingan Hasil Belajar Fisika Antara Penggunaan Gambar Bergerak dengan Gambar Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (1) 92-93.

Anwar, M. 2014. Peningkatan Intensitas Belajar Mandiri Dengan Layanan Informasi Di Kelas. Jurnal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 1(2), 57-69.

Cengiz, T. 2010. The Effect of the Virtual Laboratory on Students's Achievement and Attitude in Chemistry. Internasional Online Jurnal of Educational Sciences, 2 (1). 37-53.

Dwijananti, P., & Yulianti, D. 2010. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Indtruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 108–114.

Hasanah, N., Winarto, H., dan Hartono, D. 2016 Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Elastisitas Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Fisika. 130-139.

Indhaka, Willy Alif, Supraptono, Eko, dan Sugiarti, N. 2016. Penerapan Buku Sekolah Elektronik Berbasis Android Dalam Materi Ajar Besaran dan Satuan. Pendidikan Tindak Kelas, 17(2), 1–8.

Ismawati, D. A. dan Danang Tandyonomanu. 2016. Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Sub Pokok Vahasa Hubungan Antar Sudut Kelas VII SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal mahasiswa teknologi pendidikan, 10 (1), 1-14.

Kemendikbud. 2013. Model Pengembangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA.

Rosana, L. N. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. Pendidikan Sejarah, 3 (1), 34–44.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ryoo, K., & Linn, M. C. 2014. Designing Visualizations. Journal of Research in Science Teaching, 51 (2), 147-174.

Setiawan, A., Suyatna, A., dan Abdurrahman. 2016. Pengembangan Simulasi Praktikum Efek Fotolistrik Dengan Pendekatan Inkuiri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (1), 47-56.

Sutrisno, Murtiono, A. . T. 2013. Alternatif Model Penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Berbasis Project Learning Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jiptek, VI(2), 117–124.

Suyatna, A., Anggraini, D., Agustina, D., dan Widyastuti, D. 2017. The Rol of Visual Representation in Physics Learning: Dynamic Versus Statis Visualization. Journal of Physics Conferences Series, 909 (1), 1-7.

Syahbana, A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica, 2 (2), 17–26.

Wafroturrohmah & Suyatmini. 2013. Penggunaan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akutansi Pada Mata Kuliah Akutansi Perpajakan. Accounting Education Departement FKIP-UMS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23 (1), 32-41.

Widyanirmala, Asra, I M., Bakri, F., Gina A. I., Azizah, N., Nugraha, A., & Rizki, R. P. 2014. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Jurnal), 3, 62-66.

Wulandari, S. R., Suyanto, E., dan Suana, W. 2016. Modul Interaktif Dengan Learning Development System Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (2), 22-34.

Yusmiari, N. N., Agung, A. A. G., & Suwatra, I. W. 2017. Pengembangan Buku Pintar Elektronik (BPE) Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Mata Pelajaran IPA Semester Genap. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.