Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa

Diah Eka Pratiwi, Feriansyah Sesunan, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


Many students who consider physics are difficult and abstract lessons because of ignorance application of the concept of physics. This research aims to knowing there is an influence science technology society models and project based learning models of the physics learning outcomes and scientific attitude or not. This research was conducted at SMAN 3 Bandarlampung using Pretest-Posttest Control Group Design with control class (X IPA4) given treatment model of PjBL and experimental class (X IPA5) given treatment model of STM. Based on the results of data analysis, found that there is a positive and significant influence STM models to student learning outcomes and scientific attitudes while the model of PjBL only affect to student learning outcomes. The results of data analysis also show that students who study with the STM models gain higher learning outcomes and scientificl attitudes than study with the PjBL models.

Banyak siswa yang menganggap pelajaran fisika adalah pelajaran yang sulit dan abstrak karena ketidaktahuan dari penerapan konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Sains Teknologi Masyarakat dan model Project Based Learning terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa pada materi gerak melingkar beraturan. Penelitian dilakukan di SMAN 3 Bandarlampung menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dengan kelas kontrol (X IPA4) diberikan treatment model PjBL dan kelas eksperimen (X IPA5) diberikan treatment model STM. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan model STM terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa sedangkan model PjBL hanya berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model STM memperoleh hasil belajar dan sikap ilmiah yang lebih tinggi daripada belajar dengan model PjBL.

Kata Kunci: Model STM, Model PjBL, Hasil Belajar, Sikap Ilmiah

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpf.v6.n1.201802


Full Text:

PDF

References


Alawiyah, M., Sudarti, Prihandono, T. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pemanfaatan Barang Bekas terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di MTs Kecamatan Jenggawah. Jurnal Edukasi UNEJ. 2(1): 1-12

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2002. Pendekatan Contextual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Kemenristek. 2016. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemenristekdikti: Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

Kusuma, M.D. 2013. Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Strategi Scaffolding-Koperatif. Jurnal Online FKIP Universitas Lampung. 1(2): 1-10.

Lestari, C., Melati, H.A., Hadi, L. 2016. Pengaruh Model Sains Teknologi Masyarakat terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA di SMP. Diakses pada tanggal 13 Desember 2017 pukul 05.00 WIB pada jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/14072/12599

Mustikaningrum, Intan. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Fotonovela terhadap Hasil Belajar dan Sikap Sains Siswa SMP. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Poedjiadi, Anna. 2010. Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiadi, H.W., Dantes, N., Tika, I.N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Denpasar. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha. 1(4): 1-10.

Supriyanto dan Kholida, S.I. 2016. Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMA Hidayatun Najah. Gravity. 2(1): 33-44


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
The Copyright is reserved to The Journal of Physics Learning (Jurnal Pembelajaran Fisika) that is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.