Pengembangan Multimedia Simulasi Interaktif Struktur Bumi dan Bencananya

Ricca Novita Sari, I Dewa Putu Nyeneng, Ismu Wahyudi

Abstract


The research aim to produce interactive multimedia simulation model for learning the Earth Structure and Disasters for 7th grade of Juior High School that were validated, attractive, easy, useful, and effective. This reseach used reseach and development design with effectiveness test method used Pretest and Posstest Group. The result from the evaluation the expert (content and design) showed that the developed product were in a good category and valid. Small group test to 27 students in 7-1 class in the SMPN 02 Bandar Lampung concluded that interactive multimedia simulation was very interesting, very simplify, very useful, and effective as a learning.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif model simulasi untuk pembelajaran Struktur Bumi dan Bencananya di Kelas VII SMP yang tervalidasi, menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif. Penelitian ini menggunakan desain research and development dengan metode uji keefektifan Pretest and Posstest Group. Hasil dari evaluasi ahli (materi dan desain) menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berada dalam kategori baik dan valid. Uji kelompok kecil terhadap 27 siswa kelas 7-1 di SMPN 02 Bandar Lampung menyimpulkan bahwa multimedia interaktif simulasi sangat menarik, sangat mudah, sangat bermanfaat, dan efektif sebagai pembelajaran.

 

Kata kunci: Model Simulasi, Multimedia Interaktif, Penelitian Pengembangan, Struktur Bumi dan Bencananya.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpf.v6.n1.201801


Full Text:

PDF

References


Arianai, Niken dan Haryanto Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Interaktif, Kontruktif, dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Perkasa.

Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran Edisi Kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fitri, Liza, Suyatna Agus, dan Viyanti. 2014. Pemanfaatan Media TIK Simulasi sebagai Subtitute Demonstrasi pada Pembelajaran Alat Ukur. (Online): Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(2), 65-76, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/4373, 22-11-2017).

Gunawan, A. Harjono, dan Imran. 2016. Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. (Online): Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(1), 118-125, (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/5018, 18-11-2017)

Mahardika, I Ketut, Afifatur Rofiqoh dan Supeno. 2012. Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal dan Matematis pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember. 1(2), 165-171.

Oktivina, Mawar, Suyatna Agus, dan Viyanti. 2014. Pemanfaatan Media Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) Simulasi sebagai Komplemen Demonstrasi. (Online): Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(1), 123-134, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/3726, 22-11-2017).

Sukiyasa, Kadek, dan Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan. (Online): Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126-137,

(https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1588, 10-11-2017)

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Unila.

Tiurma, Lisner, dan Retnawati Heri. 2014. Keefektifan Pembelajaran Multimedia Materi Tiga Dimensi Ditinjau dari Prestasi dan Minat Belajar Matematika di SMA. (Online): Jurnal Kependidikan, 44(2), 175-187, (http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/3230, 10-11-2017)

Utami, Purwanti Budi, Suyatna Agus, dan Viyanti. 2014. Pemanfaatan Media TIK Simulasi sebagai Suplemen Demonstrasi pada Pembelajaran Alat Ukur. (Online): Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(1), 65-79, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/3670, 22-11-2017).

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran (Landasan dan Aplikasinya). Jakarta: Rhineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.